SOLOPOS.COM - Kondisi kampas kopling dan matahari kopling yang rusak. (Istimewa/Geiger.ca)

Tips otomotif kali ini tentang pengecekan perangkat kampas kopling dan oli transmisi.

Solopos.com, JAKARTA – Saat melewati tanjakan, tidak jarang mobil terasa loyo meski mesinnya sudah ngeden. Jika terjadi seperti itu, bisa jadi kampas kopling mobil Anda bermasalah. Lantas bagaimana mengatasinya? Simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum mengajak mobil menempuh jarak jauh seperti mudik Lebaran 2015, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan pada komponen fast moving seperti kopling. Sebab jika terjadi kerusakan pada kopling, mobil akan kehilangan tenaga bahkan bisa mogok. Tentu akan merepotkan jika mobil mogok terjadi saat di jalan menanjak.

“Bagi mobil bertransmisi manual, tanda kampas kopling habis atau tipis adalah setelan pedal kopling jadi tinggi dan mesin kurang bertenaga alias lemot. Suara mesin juga meraung tapi tidak bertenaga,” tutur Soleh, mekanik di bengkel mobil di wilayah Jakarta seperti dilansir laman Metrotvnews, Minggu (12/7/2015).

Melengkapi tips otomotif yang ia berikan, Soleh mengatakan rusaknya kampas kopling dapat terjadi karena usia pakai, cara berkendara pengemudi serta beratnya beban yang dibawa mobil.

“Kerusakan kampas kopling bisa dari usia pakai dan cara pemakaian, akibat sering menggantung pedal kopling dalam waktu lama, terutama pada saat tanjakan, ditambah beban muatan yang banyak dan berat, sehingga kopling kerja lebih ekstra,” imbuhnya.

Pengecekan Mobil Transmisi Otomatis

Sedangkan bagi pengguna mobil bertransmisi otomatis, tips otomotif yang diberikan Soleh adalah Anda wajib memeriksa kondisi oli transmisi. Pemilihan oli pun sebaiknya sesuai dengan anjuran pabrikan.

“Kalau matik, yang wajib diperiksa adalah oli transmisi. Sebaiknya ganti oli sesuai jarak tempuh dan jangan pakai oli sembarangan. Gunakan merek dan jenis oli yang direkomendasikan prabrikan. Kalau pakai sembarangan, bisa-bisa kampas kopling gosong dan mobil tidak jalan,” terang Soleh.

Akan lebih aman jika sebelum melakukan perjalanan jauh, bawalah mobil Anda ke bengkel resmi untuk diservis. Pada musim mudik Lebaran 2015 seperti ini, umumnya bengkel resmi memberi penawaran menarik seperti potongan harga untuk biaya servis atau penggantian onderdil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya