SOLOPOS.COM - Ilustrasi membongkar mesin Vespa lawas. (Liputan6.com)

Tips otomotif kali ini tentang merawat Vespa tua.

Solopos.com, SOLO – Mesin rewel dan sering mogok memang kerap terjadi pada Vespa lansiran lawas. Tetapi tenang, dengan tips otomotif berikut ini Vespa yang rewel bisa diantisipasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan tips otomotif yang dihimpun Solopos.com dari pelbagai sumber, Senin (23/11/2015), ada empat bagian pada Vespa berumur yang wajib diperthatikan, yakni busi, karburator, tangki bensin, dan aki.

1. Busi
Sistem kerja mesin 2-tak pada Vespa lawas memang memiliki efek samping berupa timbulnya kerak pada kepala busi. Alhasil, kemampuan busi melakukan pembakaran menjadi tidak optimal dan ditandai dengan mesin brebet.

Tetapi hal itu dapat diantisipasi dengan membersihkan busi sekaligus rumah busi secara rutin minimal sekali setiap pekan. Sedangkan jika ingin performa yang selalu terjaga, sebaiknya ganti busi setelah pemakaian selama enam bulan.

2. Karburator
Selain busi, bagian yang penting diperhatikan selanjutnya pada Vespa tua adalah karburator. Untuk membersihkannya, copot dan bongkar karburator yang tertanam di samping kanan.

Selanjutnya bersihkan dengan kuas atau semprot dengan angin bertekanan tinggi. Tetapi jika tidak ingin repot, cukup bawa Vespa kesayangan Anda ke bengkel terdekat. Perawatan karburator dapat dilakukan setiap satu bulan sekali.

3. Tangki Bensin

Saat membersihkan karburator, sebaiknya kuras pula tangki bensin. Sebab kotoran atau kerak pada tangkilah yang membuat karburator mudah kotor. Caranya cukup lepaskan baut-baut kemudian angkat tangki dari bodi Vespa.

Kocok-kocok tangki kemudian tungangkan bensin di dalamnya ke sebuah wadah. Seketika kotoran akan ikut keluar. Jika ingin lebih bersih, sikat bagian dalam tangki kemudian bilas dengan bensin. Jangan lupa bersihkan pula saluran keran besin.

4. Aki
Beberapa tipe Vespa lawas sudah ada yang dibekali electric starter sehingga aki merupakan bagian yang wajib diperhatikan. Sama seperti busi, kepala aki juga mudah diserang kerak.

Tetapi membersihkannya cukup mudah, cukup lepaskan aki kemudian sikat kepala aki menggunakan air panas. Perawatan seperti itu cukup dilakukan setiap bulan sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya