SOLOPOS.COM - Ilustrasi liburan mengendarai motor. (Clearcounsel.com)

Tips otomotif membahas persiapan sepeda motor sebelum perjalanan jauh.

Solopos.com, DEPOK – Dua tanggal merah, 5-6 Mei 2016 plus akhir pekan menjadi waktu yang pas untuk berlibur panjang. Tidak ada salahnya pergi ke tempat wisata untuk melepas penat. Tetapi jika Anda memutuskan berpergian menggunakan sepeda motor, ada baiknya memperhatikan tips otomotif berikut ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sama halnya ketika touring atau mudik, tips otomotif untuk perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor ketika libur panjang adalah memastikan fisik motor dan fisik pengendara dalam keadaan prima.

Nah untuk urusan motor, Zainul Furqon selaku pemilik bengkel Banewmas Motor Depok, Jawa Barat menyebutkan komponen yang wajib memiliki kondisi prima adalah lampu, baik depan maupun belakang, aki, serta rem. Khusus motor sport dan bebek, pastikan pula kerenggangan rantai sudah sesuai standar.

Selain itu apabila jarak tempuh perjalanan hampir mencapai batas penggantian oli, Zainul sebagaimana dilansir laman Liputan6, Selasa (3/5/2016), menyarankan sebaiknya cairan pelumas itu juga sekalian diganti sebelum berangkat.

Sementara Isal, anggota New Vixion Lightning Family (NVLF) memberi tips supaya pengendara motor mengetahui kondisi jalanan yang akan dilewati. Sebab itu berkaitan dengan penyetelan tekanan angin di dalam ban.

“Perhatikan juga kondisi jalan yang akan dilalui. Biasanya kalau saya, di jalan aspal akan mengurangi tekanan ban di bawah standar normal. Ini agar ban lebih menggigit ke aspal,” papar Isal.

Tetapi jika tidak ingin repot, Isal menyarankan agar membawa motor ke bengkel terpercaya. “Tinggal bilang ke mekanik seting motor untuk harian atau touring, cuaca panas atau hujan. Mekanik ahli biasanya sudah tahu harus bagaimana.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya