SOLOPOS.COM - Ilustrasi tuas transmisi mobil matik. (Autoevolution.com)

Tips otomotif kali ini tentang mengatasi kunci yang nyangkut di lubang kontak.

Solopos.com, JAKARTA– Pada mobil matik, tak jarang kunci nyangkut dan tidak dapat dicabut dari lubang kontak. Bagaimana mengatasinya? Simak terus tips otomotif berikut ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbeda dari mobil manual, pada mobil matik kunci baru bisa dicabut jika persneling digeser ke posisi parkir (P) dan kondisi mesin mati. Tetapi dalam beberapa kasus, meski hal itu sudah dilakukan, tetap saja kunci tidak mau dikeluarkan dari lubangnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Fahmi, pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di Jakarta, hal tersebut terjadi karena komponen sensor kunci yang tertanam di bawah persneling rusak. Biasanya kerusakan terjadi karena pengemudi kasar dalam mengoperasikan tuas persneling.

Ia menjelaskan kerusakan tersebut tidak dapat diperbaiki. Jadi hal yang dapat dilakukan adalah membongkar komponen tersebut dan menggangtinya dengan yang baru. Akan tetapi harga komponen tersebut tidak bisa dibilang murah.

“Untuk Honda Jazz  2005 transmisi matik saya cek ke toko spareparts harganya sekitar Rp3,5 juta sampai Rp4 juta,” ungkap Fahmi sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Metrotvnews, Kamis (12/11/2015).

Nah, ketimbang harus mengeluarkan ongkos servis yang tinggi di kemudian hari, lebih baik mulai sekarang Anda menyempurnakan cara mengoperasikan persneling mobil matik.

Menurut laman Rifat Drive Labs (RDL), sebelum mencabut kunci, jangan langsung pindahkan persneling dari posisi drive (D) ke P. Sebab saat persneling berada pada posisi D, transmisi dan mesin masih saling terhubung.

Jika langsung dipindahkan ke posisi P, maka transmisi langsung terkunci. Hal itulah yang membuat sensor kunci cepat rusak.

Urutan yang tepat adalah injak pedal rem, kemudian geser tuas persneling dari posisi D ke posisi netral (N). Selanjutnya, tarik tuas rem tangan baru kemudian geser tuas dari posisi N ke P.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya