SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedal pada mobil. (Autoevolution.com)

Tips otomotif kali ini tentang mengatasi rem mobil blong.

Solopos.com, SOLO – Salah satu penyebab kecelakaan mobil adalah rem yang tidak berfungsi alias blong. Jika kejadian itu menimpa Anda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Selanjutnya simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banyak faktor yang menyebabkan rem blong, mulai dari piston rem aus, kampas rem habis, kualitas oli rem buruk, hingga selang rem bocor. Rem blong sebenarnya dapat diantisipasi jika pengemudi selalu memperhatikan mobilnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa tanda rem berpotensi blong adalah tampak rembesan minyak di salah satu roda dan di pedal rem. Selain itu jika rem dalam kondisi normal, maka akan terasa keras saat diinjak.

Akan tetapi jika pedal rem terasa empuk dan jeblos ke bawah saat diinjak, dapat dipastikan telah terjadi masalah pada sistem pengereman mobil. Sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel.

Lantas bagaimana jika rem blong terjadi saat mobil sedang melaju di jalan raya?

Dikutip Solopos dari laman Toyota-astra, Sabtu (3/10/2015), hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Selanjutnya lepaskan pedal gas dan injak pedal rem berkali-kali dengan cepat.

Setelah kecepatan mobil sedikit berkurang, perlahan turunkan gigi persneling. Tidak masalah jika kemudian terdengar suara mesin mobil sedikit meraung. Hal itu menandakan pengereman memanfaatkan gigi mesin berhasil.

Jika laju mobil mulai melambat, segera cari lokasi aman untuk menepi. Selanjutnya tarik rem tangan untuk menghentikan mobil dengan sempurna.

Jika langkah tersebut tidak berhasil, masih ada satu langkah darurat, yakni dengan cara menabrakkan mobil ke benda mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya