SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci sepeda motor. (Welovehonda.com)

Tips otomotif mencuci sepeda motor sebaiknya dilakukan saat mesin dingin.

Solopos.com, SOLO — Pernahkan Anda mencuci sepeda motor sesaat setelah digunakan? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Kenapa? Simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saking sayangnya dengan kendaraan, tak jarang pemilik motor langsung mencuci kuda besinya hingga kinclong meski kondisi mesin masih panas setelah perjalan jauh. Tahukah Anda? Ternyata kebiasaan itu justru dapat merusak mesin.

Tips otomotif yang dikutip Solopos.com dari laman Rideapart, Minggu (23/8/2015), mengatakan air dingin adalah musuh utama logam panas. Perubahan suhu secara tiba-tiba dapat merusak kekokohan logam. Teori fisika dasar itu juga berlaku untuk logam pada sepeda motor.

Bahkan dalam kondisi terparah, blok mesin dapat retak karena diguyur air dingin tiba-tiba saat kondisinya sedang sangat panas (over heat). Sedangkan pada knalpot, tak jarang pipa besi dapat berubah warna atau bahkan berlubang akibat perlakuan yang salah itu.

Sebelum mencuci sepeda motor, sebaiknya tunggulah hingga kondisi mesin benar-benar dingin. Dengan menerapkan tips otomotif ini, tentunya mesin sepeda motor Anda akan lebih awet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya