SOLOPOS.COM - Mitsubishi Pajero Sport melibas trek lumpur. (Liputan6.com)

Tips otomotif kali ini membahas trik aman berkendara di trek lumpur.

Solopos.com, JAKARTA – Menyetir mobil di medan berlumpur perlu keterampilan khusus karena berbeda dari teknik menyetir di jalanan aspal. Lebih jelasnya, simak terus tips otomotif berikut ini.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Menurut pereli Rifat Sungkar, hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum membawa mobil bermain lumpur adalah memastikan ban yang digunakan berjenis Mud Terrain (MT). Sebab jika memakai ban All Terrain (AT) mobil akan selip.

“Yang jelas kamu enggak bisa pakai ban AT di tempat yang ada lumpurnya. Kamu mau gedein, kecilin, ban jenis itu enggak ada grip-nya,” papar Rifat ketika memberikan tips otomotif dalam acara Pajero Sport Media Explore seperti dilansir laman Liputan6, Jumat (26/2/2016).

Tips kedua, pastikan mobil melaju dengan gas, torsi, dan posisi gigi yang tepat. Jangan terpaku pada gigi paling rendah sebab torsi yang terlalu besar justru membuat ban selip dan mobil tidak bisa bergerak.

“Lebih baik pakai gigi dua tapi rpm [putaran mesin] rendah dan torsinya ada. Enggak selamanya gigi satu benar, kadang malah terlalu gampang selip dan spin,” imbuhnya.

Tips otomotif terakhir sekaligus yang paling mudah adalah mengaktifkan mode off road. Mode tersebut secara otomatis menyetel posisi gigi dan besaran torsi yang diperlukan. Sayangnya, tidak semua mobil di Indonesia dibekali fitur canggih tersebut.

“Pintarnya fitur mode off road itu begitu mobil lewat di lumpur, throttle respons sama gigi langsung terintegrasi. Mode ini akan mencari gigi dan traksi terbaik. Orang yang enggak bisa-bisa amat jadi gampang,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya