SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Shutterstock)

 

SELANG RADIATOR BOCOR saat di perjalanan tentu akan membuat kenyamanan Anda terganggu. Berikut tips yang bisa digunakan untuk mengatasi selang radiator bocor saat di perjalanan.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Jika Anda saat ini tengah berlibur dengan mengendarai mobil sebaiknya mewaspadai berbagai kemungkinan masalah yang bisa terjadi pada kendaraan Anda. Salah satu masalah yang kerap muncul terutama mobil yang telah berusia 5 tahun atau lebih adalah selang radiator bocor.

Menurut Adi Sasongko, Service Advisor Klinik Auto Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan, selang radiator mobil di atas lima tahun memang rawan bocor. Maklum, semburan hawa panas dari mesin menjadikan karet melar.

Karet rawan getas jika semburan air dari alat steam saat mencuci mobil juga menyelinap masuk ke bawah kap mobil. Alhasil selang pun mudah getas, dan bocor.

“Oleh karena itu, menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan pendukung untuk mengantisipasi masalah itu muncul, maka persoalan bisa dengan cepat diatasi,” kata Adi, Sabtu (27/12/2014).

Adi menyarankan agar sebelum melakukan perjalanan jauh menyiapkan ban dalam bekas, lem plastik, lem Aibon, sealer, obeng minus, obeng plus, gunting, ember, dan sabun colek.

Jika selang bocor dengan indikasi air radiator berkurang dan indikator temperature meninggi maka segera bawa mobil ke tepi jalan. Kemudian buka kap mobil dan biarkan mesin hingga dingin.

Cuci selang radiator dengan sabun dan kemudian lap hingga benar-benar bersih, oleskan lem plastik ke permukaan selang yang bocor secukupnya. Setelah itu gunting ban dalam bekas sesuai dengan kebutuhan untuk menambal bagian selanmg yang robek atau bocor dan lekatkan.

Periksa apakah lembaran ban itu benar-benar telah merekat dengan kuat. Agar lebih pasti, ikat tambalan itu dengan karet, tetapi jangan menekannya terlalu kuat agar tak menimbulkan kencoran di tempat lain. Ingat karet selang sudah rentan robek.

Setelah selesai, pasangkan kembali selang radiator ke tempat semula. Agar tak terjadi rembesan di bagian ujungnya, sebaiknyab olesi dengan sealer atau lem Aibon. Setelah itu Anda bisa mengisi kembali radiator dengan air coolant.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya