SOLOPOS.COM - ilustrasi mencuci mobil (Popularmechanics.com)

Tips otomotif mencuci mobil agar terlihat seperti baru

Solopos.com, SOLO – Menjaga mobil selalu bersih mengilap menjadi salah satu hal sulit yang dihadapi para pemilik mobil. Hal itu karena bodi mobil yang besar membuat pengguna kesulitan untuk menjangkau setiap sudut kendaraan.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Ada beberapa tips sederhana untuk membuat mobil lebih bersih dan terlihat seperti baru. Berikut tips-tips tersebut seperti dilansir Popularmechanics.com, Rabu (22/7/2015).

– Rawat Bodi Mobil Layaknya Wajah

Sekarang ini merawat bodi mobil jauh lebih mudah. Karena banyak ahli bodi mobil mengunggah video cara merawat bodi mobil dengan baik.

Menurut Kepala Produksi di Turtle Wax, Mike Schlutz, merawat bodi mobil tidak boleh main-main. “Bayangkan saat merawat bodi mobil seperti merawat wajah Anda sendiri. Hal tersebut perlu diperhatikan agar mobil dapat terlihat lebih mengilap,” kata dia.

– Jangan Bersihkan Ban dengan Bahan Kimia

Banyak orang memilih membersihkan ban menggunakan pembersih yang mengandung bahan kimia. Namun, menurut Hagaman, hal tersebut dapat memicu ban selip, cepat gundul, dan warna memudar.

Gunakan air biasa saat membersihkan ban mobil. Hal itu bertujuan membuat performa dan warna ban tetap terjaga. “Membersihan ban sama pentingnya dengan membersihkan bodi mobil,” pungkas Hagaman.

– Gunakan Tangan untuk Mencuci Bodi Mobil

Menurut Direktur Pelatihan Perawatan Bodi Mobil di Meguiar, Mike Pennington, membersihkan mobil dengan cara mencuci langsung menggunakan spons dan tangan akan membuat mobil lebih mengilap.

“Kami menyarankan mencuci mobil menggunakan tangan dengan bantuan spons,” ujarnya. Penggunaan detergen juga perlu dihindari untuk menjaga warna mobil tidak memudar.

– Rutin Poles Bodi Mobil

Tidak diragukan mobil, memoles bodi mobil secara rutin dapat membuat cat mobil terlihat makin bersinar dan mengilap. Gunakan cairan pembersih mobil yang tidak banyak mengandung lilin.

“Selain dapat melindungi, lilin sekaligus dapat memudarkan lapisan warna bodi mobil,” ungkap Hagaman.

– Bersihkan Kaca Mobil

Kaca mobil juga bagian penting untuk dirawat. Kaca mobil yang mengilap dapat membuat mobil terlihat bersih dan bersinar.

Gunakan pembersih kaca mobil yang tidak mengandung ammonia karena membuat panel-panel di kaca mobil rusak. Penggunaan kain pembersih berbahan mikrofiber dapat membantu membersihkan kaca lebih baik daripada kain biasa. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya