SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Oli sebagai pelumas mobil juga harus diperhatikan oleh si pemilik kendaraan. Si pemilik mobil bukan hanya harus mengganti oli secara tepat waktu dan memilih oli yang tepat untuk kendaraannya, tapi si pemilik juga perlu memperhatikan filter olinya.

Kepala Bengkel Shop & Drive Jl. Yos Sudarso, Solo, Tugiman, mengatakan kadang para pemilik mobil tidak pernah lupa mengganti oli mobilnya. Tapi mereka sering luput untuk mengganti filter olinya. Menurut Tugiman, penggantian filter oli sama pentingnya dengan mengganti oli.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Hampir semua pemilik mobil tahu kalau mengganti oli sekalian mengganti filternya. “Filter oli untuk mobil itu kan murah biayanya. Standarnya memang untuk perjalanan lebih dari 10.000 kilometer harus diganti filternya,” ujar Tugiman saat ditemui Espos di Bengkel Shop & Drive Jl. Yos Sudarso, Solo, Rabu (21/5/2014). Atau, sambung dia, bisa juga dibuat setiap dua kali pergantian oli, filter oli juga harus diganti.

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut Tugiman memaparkan, bahan yang berada di dalam filter oli terdapat kertas dan kapas yang sangat rapat. Kalau filter oli dibiarkan tidak diganti kahawatirnya penyaringannya jadi tidak sempurna. Bisa jadi, kata dia, kapas yang ada di dalam filter oli itu rusak dan masuk ke dalam mesin.

“Beberapa pelanggan yang kami tangani, kadang ada yang bertahun-tahun bahkan sampai tiga tahun tidak mengganti filter olinya. Alasannya filter olinya tidak bisa dibuka,” ujar Tugiman.

Ia mengatakan, beberapa pemilik mobil ada yang tidak mengganti filter olinya selama bertahun-tahun lantaran mereka kurang mendapatkan edukasi tentang proses pemulasan mesin mobil. Kadang, kata dia, beberapa mekanik di sejumlah bengkel tidak memberikan pengarahan bagaimana seharusnya merawat mesin mobil kepada pelanggannya. “Kalau kami di sini juga memberikan edukasi kepada pelanggan agar mereka juga care terhadap mobilnya,” terang Tugiman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya