SOLOPOS.COM - Busi iridium (Iwanbanaran.com)

Tips otomotif kali ini tentang penggunaan busi iridium pada sepeda motor harian.

Solopos.com, SOLO – Beragam cara ditempuh pengendara agar performa motornya meningkat. Termasuk mengganti busi bawaan pabrik dengan busi iridium yang disebut-sebut lebih jos. Tetapi benarkah busi iridium bagus untuk sepeda motor harian? Simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak kemunculannya kali pertama, busi iridium diklaim dapat meningkatkan performa sepeda motor, membuat bensin lebih irit serta memiliki daya tahan (durability) jauh lebih baik ketimbang busi standar berbahan tembaga.

Akan tetapi pernyataan pengamat otomotif Iwan Banaran yang dikutip Solopos.com, Jumat (28/8/2015), mengatakan busi seharga lebih dari Rp100.000 itu akan mubazir jika digunakan pada sepeda motor untuk keperluan sehari-hari.

“Kalau pengendara konsen pada keawetan mesin, busi standar bawaan pabrik sudah cukup. Sebab semuanya sudah diperhitungkan sedemikian rupa oleh pihak pabrikan,” ungkap Iwan.

Akan tetapi jika ngotot ingin menggunakan busi iridium, Iwan mengatakan setelan mesin harus disesuaikan dengan karakteristik busi yang memiliki elektroda lebih tipis itu.

“Tidak masalah selama motor disetting ulang secara benar. Namun wajib hukumnya adjust ulang asupan bensin dengan oktan yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Senada, blogger otomotif Alex Yudho juga menyarankan hal serupa. Menurutnya busi iridium hanya unggul dalam hal durability, namun kemampuannya mendongkrak performa mesin akan cenderung menurun sesuai lama pemakaian.

Ia juga menjelaskan busi iridium memiliki inti dingin sehingga lebih cocok digunakan pada sepeda motor bore up atau sepeda motor untuk keperluan balap. Jika digunakan pada sepeda motor harian, busi iridium justru akan mudah korosi.

“Dengan kata lain, busi iridium cocok dipakai di motor-motor drag dan road race. Buat motor standar enggak ada gunanya. Panas dari mesin motor standar tidak cukup untuk membersihkan busi, hasilnya busi jadi berkerak dan mati,” terangnya.

Menurutnya, tips otomotif untuk mendongkrak performa sepeda motor harian cukup mengganti busi standar pabrikan dengan busi yang memiliki elektroda tembaga murni (copper). Harganya pun lebih terjangkau, yakni di bawah Rp30.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya