SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin mobil. (Paultan.org)

Tips otomotif kali ini tentang lama waktu memanaskan mesin mobil.

Solopos.com, DEPOK– Supaya performa mobil oke, memanaskan mesin secara rutin adalah perkara wajib. Selain itu durasi memanaskan mesin mobil juga perlu diperhatikan. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Dalam tips otomotif yang dibagikan Ardiansyah selaku Service Manager PT Setiajaya Mobilindo, diler ressmi Toyota di Depok, Jawa Barat, disebutkan memanaskan mesin mobil tergantung pada skala pemakaian.

“Pemanasan mobil itu tergantung pemakaiannya. Kalau jarang dipakai, pemanasannya harus lama. Sampai suhu mesin panas atau jarum indikator di panel dashboard menunjukkan bahwa mesin sudah panas,” tutur Ardiansyah sebagaimana dilansir laman Liputan6, Rabu (10/2/2016).

Sedangkan jika mobil digunakan untuk keperluan sehari-hari, durasi memanaskan mesin singkat saja. Menurutnya waktu satu menit sudah cukup asalkan dibarengi dengan memainkan pedal gas secara lembut. Tetapi ingat, saat memanaskan mesin sebaiknya penyejuk kabin (AC) dimatikan.

Ardiansyah menambahkan, memanaskan mobil berguna untuk menjaga supaya mesin tetap awet. Sebab setelah didiamkan dalam waktu tertentu, oli mesin akan mengendap. Jika dalam keadaan tersebut mesin langsung digunakan, beban yang diterima menjadi lebih berat.

“Jika mesin langsung dipakai [tanpa dipanaskan], olinya belum naik dan belum tersebar merata ke seluruh komponen mesin. Jadinya mesinnya kena beban lebih berat. Lebih cepat rusak nanti,” ungkapnya saat berbagi tips otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya