SOLOPOS.COM - Persneling mobil manual. (Toyota.co.uk)

Tips otomotif kali ini tentang cara mengatasi kopling mobil yang macet.

Solopos.com, SOLO – Setelah sering melibas banjir, tak jarang mobil transmisi manual mengalami masalah sulit mengoper gigi atau persneling. Tetapi jangan khawatir, masalah tersebut dapat diatasi dengan tips otomotif berikut ini.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Di kalangan teknisi mobil, masalah seperti itu disebut dengan istilah kopling lengket. Ciri-cirinya adalah tuas kopling terasa berat dan ketika mesin dinyalakan, persneling macet dan tidak dapat dioper.

Dalam tips otomotif yang dikutip Solopos.com dari laman Detik, Jumat (11/3/2016), penyebabnya ada pada pelat kopling yang berubah bentuk akibat terendam banjir. Alhasil pelat berbahan asbes itu menempel pada flywheel dan membuat persneling macet.

Untuk mengatasinya, Anda perlu menghidupkan mesin dan menginjak pedal gas hingga indikator menunjukkan putaran 2.000-3.000 rpm. Kemudian mainkan pedal kopling dengan cara injak-lepas dan sesekali cobalah memasukkan persneling ke posisi satu.

Jika cara tersebut tidak bekerja, cobalah tips kedua seperti berikut ini. Ketika mesin belum hidup, injak pedal kopling lalu masukan gigi satu. Langkah berikutnya bebaskan rem tangan dan kaki kanan standby pada pedal rem.

Selanjutnya Anda perlu menghidupkan mesin. Jika mobil terasa “melompat” segera injak rem, matikan mesin, dan pindah persneling ke posisi netral. Umumnya dengan dua tips otomotif tersebut masalah persneling macet akibat kopling lengket dapat teratasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya