SOLOPOS.COM - Ilustrasi menutup sepeda motor dengan penutup khusus. (Detik.com)

Tips otomotif kali ini tentang merawat sepeda motor sebelum ditinggal mudik.

Solopos.com, SOLO – Mudik Lebaran 2015 menggunakan transportasi selain sepeda motor memang lebih aman. Kendati demikian jangan meninggalkan kuda besi Anda di rumah dengan sembarangan. Sebelum berangkat, pehatikan tips otomotif berikut ini.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Supaya sepeda motor tetap dalam kondisi prima saat ditinggal mudik Lebaran 2015, Safety Riding Analyst Astra Motor, Michael Gerald Gozal, mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah mengosongkan tangki bahan bakar supaya tidak terjadi korosi.

Dihimpun Solopos.com dari laman resmi Astra Motor, Senin (13/7/2015), berikut ini adalah tips otomotif sebelum meninggalkan sepeda motor selama mudik Lebaran 2015 seperti yang disampaikan Gerald.

Pertama, usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat selama ditinggal mudik.

Kedua, isi bensin dalam kondisi penuh (fulltank) atau kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal itu bertujuan untuk menghindari terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.

Selanjutnya, cabut aki motor jika ditinggal dalam waktu lama. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga aki akan cepat soak.

Kemudian pastikan sepeda motor Anda dikunci ganda serta disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas maupun hujan.

Disarankan agar disimpan di dalam ruangan dan lebih baik jika ditambahkan penutup seperti terpal maupun penutup khusus sepeda motor.

Selain itu, berdirikan motor dengan standar ganda. Disarankan juga untuk memberikan alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempis.

Sepulang dari mudik Lebaran 2015, sebaiknya hidupkan sepeda motor Anda menggunakan kick starter.

Setelah mesin menyala, biarkan beberapa saat namun jangan memainkan tuas gas. Sebab, setelah tidak beraktivitas dalam waktu yang lama, oli akan mengendap dan memerlukan beberapa saat untuk dapat bersirkulasi kembali dengan sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya