TIPS OTOMOTIF : Begini Cara Menjaga Suspensi Motor Tetap Empuk
Suspensi sepeda motor. (Motorcycle.com)

Tips otomotif kali ini tentang cara menjaga keawetan suspensi aftermarket.

Solopos.com, JAKARTA – Suspensi atau shockbraker motor aftermarket memang menyuguhkan kenyamanan lebih baik. Sayangnya suspensi jenis itu masih lemah soal usia pakai. Nah, supaya suspensi aftermarket tetap awet, simak tips otomotif berikut ini.

Head Outlet TDR Technology Center, Yudo Handoko ketika membagikan tips otomotif membenarkan jika suspensi aftermarket memerlukan perawatan khusus supaya usia pakainya bisa panjang umur dan tetap empuk.

Ia menjelaskan sebagian suspensi aftermarket memiliki as yang terbuka. Oleh sebab itu menjaga kebersihan as adalah hal penting supaya fungsi peredaman getaran selalu maksimal dan bantingan motor tetap nyaman.

”Yang penting kebersihan dijaga supaya kotoran enggak masuk ke seal, karena kan as shockbraker posisinya terbuka. Di jalan banyak kotoran dan debu macam-macam,” jelas Yudo seperti dilansir laman Liputan6, Selasa (5/4/2016).

Yudo melanjutkan, lamanya usia pakai suspensi aftermarket juga bergantung terhadap cara berkendara pemilik motor. Jika pengendara ugal-ugalan dan sering menghajar lubang di jalan, bukan mustahil jika suspensi aftermarket cepat rusak.

Dua tips otomotif itu perlu diperhatikan lantaran suspensi aftermarket umumnya tidak menawarkan garansi dalam paket penjualannya. Sehingga jika rusak, konsumen harus membeli baru kecuali kerusakan terjadi karena kesalahan produsen.

”Garansi ada untuk yang bocor atau catat produksi. Tapi kalau as bengkok, itu pasti karena masuk lubang di jalan. Itu enggak ada garansi,” terangnya.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho