Tips Mudik Lancar: Pantau Lalu Lintas Pakai 4 Aplikasi Smartphone Ini!

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Mudik pada Lebaran 2019 ini tentu diharapkan akan berlangsung aman dan lancar. Para pemudik tentunya juga berharap jalanan yang mereka lalu tak macet sehingga bisa lekas berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Nah, untuk kelancaran mudik di Lebaran 2019, para pemudik bisa memanfaatkan beberapa aplikasi smartphone untuk memantau kelancaran lalu lintas. Dengan aplikasi pada smartphone, kini pemudik bisa memilih jalur yang sekiranya lancar untuk dilintasi.

Berikut Solopos.com merangkum empat aplikasi smartphone pemantau arus lalu lintas yang bisa membantu kelancaran mudik Lebaran 2019:

1. Google Maps
Semua orang yang memiliki smartphone tentu kenal dengan aplikasi Google Maps. Ya, aplikasi bawaan di ponsel berbasis Android ini bisa dimanfaatkan untuk memantau kelancaran arus lalu lintas.

Biasanya, Google Maps akan memberi tanda kelancaran arus lalu lintas dengan warna. Kalanan berwarna hijau menandakan lancar, kuning berarti padat, dan merah berarti macet. Selain itu, Google Maps juga memudahkan penggunakanya dalam mencari restoran, tempat ibadah, hotel, SPBU, dan objek wisata.

2. Waze
Waze juga cukup terkenal di kalangan pengguna smartphone. Hampir sama dengan Google Maps, aplikasi Waze juga bisa dipakai untuk mengetahui tingkat kemacetan di jalanan dan mendapat jalur alternatif tercepat.

Selain itu, pengguna Waze juga bisa mendapat informasi tentang kondisi jalan dari pengguna Waze lainnya secara real-time atau aktual. Dengan kondisi yang aktual, maka penggunanya bisa terbantu untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

3. NTMC Mudik
NTMC Mudik adalah aplikasi smartphone yang diluncurkan Korlantas Mabes Polri dan telah membantu kelancaran mudik sejak Lebaran 2018 lalu. Dalam aplikasi ini pengguna bisa mengakses informasi penting seperti titik kemacetan, lokasi SPBU, rest area, dan masih banyak lagi.

Aplikasi tersebut juga memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan tambahan lainnya dari NTMC TV, Jasa Marga, Jasa Raharja dan informasi dari Polri.

4. Travoy
Aplikasi Travoy adalah aplikasi smartphone bikinan Jasa Marga. Aplikasi tersebet membantu pemudik untuk merencanakan mudiknya dengan menginput hari keberangkatan.

Data itu akan digabungkan dengan data pengguna lainnya sehingga pemudik bisa melihat seberapa banyak orang yang akan mudik di hari yang telah dipilih. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah informasi penting lainnya seperti tarif tol, rest area, memesan makan di rest area yang berjarak hingga 20 km, serta fitur Yuk Mampir yang menampilkan objek wisata di luar jalan tol.


Berita Terkait

Berita Terkini

Waduh Seram! Penumpang Becak Mendadak Hilang Misterius

Pemilik akun lainnya memberikan cerita lebih lengkap kejadian penumpang becak mendadak hilang secara misterius itu lantaran terjadi di sekitar tempat tinggalnya.

Tol Cipularang Km 91 Lokasi Rawan Kecelakaan

Versi polisi, sopir truk kontainer yang menimpa mobil SUV Hyundai yang dikemudikan Yan Bastian hilang kendali di jalanan menurun.  

Shandy Aulia Curhat Bernada Sedih, Begini Respons Warganet

Bukan hanya kali ini, sebelumnya Shandy Aulia juga pernah menuliskan kalimat curhat bernada sedih.

Rachel Vennya Segera Diperiksa Polisi

Bukan hanya Rachel Vennya, melainkan manajer dan kekasihnya juga ikut diperiksa polisi.

Tumbangkan Wakil China, Anthony Ginting Sempat Degdegan

Pada gim pembuka, Anthony Ginting tidak nyaman sehingga dari awal ia terus tertinggal dalam perolehan skor.

Yan Bastian Salah Satu Penentu Produk di Indomaret

Marketing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan berpulangnya Yan Bastian membawa duka mendalam bagi keluarga besar Indomaret.

167 Desa Sukoharjo Berstatus Kampung KB, Pemdes Diminta Bantu Pendanaan

Pemkab Sukoharjo mendorong pemerintah desa agar membantu pendanaan program-program kampung KB yang sudah dicanangkan di seluruh desa.

Sepulang dari "Dunia Lain" Gunung Guntur, Gibran Jadi Pemarah

Ade Leji mengaku ia menemukan Gibran di Curug Cikoneng, Gunung Guntur setelah dirinya menancapkan paku di tempat tersebut.

Pulang ke Rumah Seperti Tukul, Begini Cara Rawat Pasien Stroke di Rumah

Tata laksana rawat pasien stroke di rumah memang tidak mudah, namun jangan menyerah.

Menikah, Harta Putri Bill Gates Ternyata Hanya Segini

Pada tahun 2017 lalu, Bill Gates mengumumkan masing-masing dari ketiga anaknya yakni Jennifer, Phoebe dan Rory hanya akan menerima US$10 juta.

Bisa Ditumpangi 8 Orang, Segini Tarif Naik Mobil Listrik Wisata Solo

Dinas Perhubungan Kota Solo telah menetapkan tarif naik mobil listrik wisata bergaya ala taksi kuno yang segera beroperasi melayani wisatawan.

Tukul Arwana Pulang ke Rumah Bertepatan Hari Ulang Tahunnya

Saat pulang ke rumah, Tukul Arwana disambut hangat oleh keluarganya.

Puluhan Rumah di Madiun Rusak Diterjang Angin Kencang

Rumah yang rusak akibat angin kencang ini paling banyak ada di Kelurahan Wungu, Kecamatan Wungu

Senin, 2 Puskesmas di Sukoharjo Layani Vaksin Dosis I Pfizer & Moderna

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo membuka layanan vaksin dosis pertama Pfizer dan Moderna di dua puskesmas pada Senin (18/10/2021).

Ditinggal Jalani Rehabilitasi, Jennifer Jill Kehilangan 25 Tas Mewah

Gara-gara kehilangan 25 tas mewah itu Jennifer Jill pun mengevaluasi diri sendiri dan berpikir rumahnya terlalu bebas.

Sragen Hari Ini: 17 Oktober 2015, Wanita Tanon Dibunuh Pacar Sendiri

Enam tahun lalu, seorang wanita asal Tanon meninggal dunia setelah ditusuk berkali-kali oleh pacarnya sendiri.