Ilustrasi mudik (Solopos-Whisnupaksa Kridangkara)

Solopos.com, SOLO — Mudik pada -kuliner-di-tol-batang-semarang-sembari-mudik-lebaran-2019">Lebaran 2019 ini tentu diharapkan akan berlangsung aman dan lancar. Para pemudik tentunya juga berharap jalanan yang mereka lalu tak macet sehingga bisa lekas berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Nah, untuk kelancaran mudik di -way-di-tol-saat-mudik-lebaran-2019-sulitkan-aptrindo-jateng">Lebaran 2019, para pemudik bisa memanfaatkan beberapa aplikasi smartphone untuk memantau kelancaran lalu lintas. Dengan aplikasi pada smartphone, kini pemudik bisa memilih jalur yang sekiranya lancar untuk dilintasi.

Berikut ">Solopos.com merangkum empat aplikasi smartphone pemantau arus lalu lintas yang bisa membantu kelancaran mudik -prediksi-puncak-arus-mudik-lebaran-2019-menurut-pt-kai">Lebaran 2019:

1. Google Maps
Semua orang yang memiliki smartphone tentu kenal dengan aplikasi Google Maps. Ya, aplikasi bawaan di ponsel berbasis Android ini bisa dimanfaatkan untuk memantau kelancaran arus lalu lintas.

Biasanya, Google Maps akan memberi tanda kelancaran arus lalu lintas dengan warna. Kalanan berwarna hijau menandakan lancar, kuning berarti padat, dan merah berarti macet. Selain itu, Google Maps juga memudahkan penggunakanya dalam mencari restoran, tempat ibadah, hotel, SPBU, dan objek wisata.

2. Waze
Waze juga cukup terkenal di kalangan pengguna smartphone. Hampir sama dengan Google Maps, aplikasi Waze juga bisa dipakai untuk mengetahui tingkat kemacetan di jalanan dan mendapat jalur alternatif tercepat.

Selain itu, pengguna Waze juga bisa mendapat informasi tentang kondisi jalan dari pengguna Waze lainnya secara real-time atau aktual. Dengan kondisi yang aktual, maka penggunanya bisa terbantu untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

3. NTMC Mudik
NTMC Mudik adalah aplikasi smartphone yang diluncurkan Korlantas Mabes Polri dan telah membantu kelancaran mudik sejak Lebaran 2018 lalu. Dalam aplikasi ini pengguna bisa mengakses informasi penting seperti titik kemacetan, lokasi SPBU, rest area, dan masih banyak lagi.

Aplikasi tersebut juga memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan tambahan lainnya dari NTMC TV, Jasa Marga, Jasa Raharja dan informasi dari Polri.

4. Travoy
Aplikasi Travoy adalah aplikasi smartphone bikinan Jasa Marga. Aplikasi tersebet membantu pemudik untuk merencanakan mudiknya dengan menginput hari keberangkatan.

Data itu akan digabungkan dengan data pengguna lainnya sehingga pemudik bisa melihat seberapa banyak orang yang akan mudik di hari yang telah dipilih. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah informasi penting lainnya seperti tarif tol, rest area, memesan makan di rest area yang berjarak hingga 20 km, serta fitur Yuk Mampir yang menampilkan objek wisata di luar jalan tol.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten