TIPS MUDIK : Begini Cara Usir Kantuk saat Berkendara
Pemudik bersepeda motor memadati jalur Karawang-Cikampek (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Tips mudik kali ini untuk pengendara sepeda motor agar tidak mengantuk.

Solopos.com, JAKARTA – Cuaca yang panas dan terpaan angin tentu membuat kantuk mudah datang saat berkendara untuk mudik, terlebih jika dalam keadaan berpuasa. Sebelum celaka, sebaiknya simak tips mudik berikut ini.

Menempuh perjalanan jauh sambil mengendarai sepeda motor dalam keadaan berpuasa tentu membuat para pengendara mudah terserang rasa kantuk. Jika sudah seperti itu, alangkah lebih baik jika menepi dan beristirahat sejenak untuk memulihkan konsentrasi.

Seperti dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2015), berikut ini adalah tips mudik untuk menghilangkan kantuk saat berkendara:

- Bermanuver Zig-Zag
Langkah pertama untuk menghilangkan rasa kantuk saat berkendara adalah dengan cara bermanuver zig-zag menggunakan sepeda motor. Sambil meliuk-liukkan setang, mainkan pula bukaan gas untuk mendapatkan kecepatan yang bervariasi. Alhasil, konsentrasi serta adrenalin meningkat dan rasa kantuk hilang.

Akan tetapi perlu diingat, manuver zig-zag jangan dilakukan secara ugal-ugalan, cukup pelan-pelan dengan pola yang kecil. Sebaiknya trik tersebut dilakukan saat jalanan dalam kondisi lengang.

- Bernyanyi
Meski terdengar aneh, bernyanyi dengan lantang saat berkendara terbukti dapat mengusir rasa kantuk yang membuat mata terasa berat. Tidak ada aturan mengenai lagu yang harus dinyanyikan, Anda bebas memilih lagu.

Tidak perlu malu jika memiliki suara yang sumbang, sebab suara Anda akan langsung terbawa angin sehingga tidak ada orang lain yang mendengar dengan jelas. Terlebih jika Anda menggunakan helm model full face, Anda dapat bernyanyi sesuka hati.

- Berhenti
Tips mudik terakhir jika mata terasa amat berat akibat rasa kantuk yang parah, cara paling aman adalah menepi untuk beristirahat. Sebab jika memaksakan diri, bukan tidak mungkin kecelakaan dapat terjadi.

Sebelum berhenti, pilihlah tempat seperti masjid, SPBU, maupun rest area yang memungkinkan Anda untuk merebahkan badan. Tidur selama 15 menit dapat membantu menjernihkan otak dari kandungan Adenosine yang memicu rasa kantuk akibat detak jantung yang melemah.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho