Tips Mudah Belajar Bahasa Asing untuk Siswa

Ada sejumlah tips mudah belajar bahasa asing.

 Ilustrasi belajar bahasa asing. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi belajar bahasa asing. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Belajar bahasa asing tentu merupakan tantangan bagi setiap siswa di sekolah, karena itu ketahui tips belajar mudah supaya bisa cepat paham. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Meski dari sekolah dasar kita sudah belajar Bahasa Inggris, tapi masih ada siswa yang kesulitan belajar Bahasa Inggris bahkan ketika mereka sudah SMA atau SMK. Belajar Bahasa Inggris saja sudah membuat siswa kesulitan apalagi jika ditambah dengan bahasa lain.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Mengingat penguasaan bahasa asing sangat penting maka sebaiknya simak tips untuk memudahkan kalian belajar bahasa asing berikut ini, seperti dikutip dari ucy.ac.id, Kamis (22/9/2022):

1. Komitmen dan Konsisten

Tips pertama adalah berkomitmen dalam diri sendiri karena ini merupakan poin penting dalam belajar bahasa asing agar tidak cepat putus asa. Mulailah berkomitmen dengan diri sendiri bahwa kalian yakin bisa mempelajari bahasa asing sampai level tertentu meski awalnya sangat sulit tapi yakinlah bahwa semua usaha proses belajar ini akan membuahkan hasil.

Baca Juga: Begini Cara Jitu Belajar Menyenangkan Setiap Mata Pelajaran Umum, Guys!

Sebaiknya kalian menuliskan apa saja yang harus dicapai atau tujuan untuk kedepannya, karena dengan adanya komitmen ini akan membuat kalian semangat belajar dan bisa menilai sampai mana kemampuan kalian dalam belajar.

Setelah berkomitmen kalian harus terus konsisten dengan apa yang sudah kalian rencanakan di awal. Belajar bahasa asing bukan hal mudah, oleh karena itu dibutuhkan konsistensi dari awal belajar sampai mendapatkan hasilnya. Komitmen dan konsistensi merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi ketika belajar. Jika cuma ada komitmen tanpa konsisten atau sebaliknya, maka belajar bahasa asing akan terasa bosan bahkan bisa berujung untuk menyerah.

2. Banyak Mendengar, Mencatat, Lalu Pelajari

Tips yang selanjutnya adalah banyak mendengar bahasa asing, mencatatnya, lalu pelajari bahasa tersebut. Meski di awal akan terlihat sulit, tapi yakinlah bahwa hal ini akan bermanfaat untuk kedepannya. Yang pertama adalah banyak mendengar bahasa asing, seperti melalui musik, radio, podcast, YouTube, televisi, dan lain sebagainya. Sebaiknya kalian mendengarkan bahasa asing tanpa bantuan subtitle atau terjemahan untuk mengetahui seberapa banyak kosa kata yang kalian pahami. Cara ini akan memudahkan kalian dalam menangkap kosakata atau frasa baru yang sebelumnya tidak diketahui.

Baca Juga: Tips Efektif Mencatat Pelajaran bagi Anak Sekolah

Setelah banyak mendengar melalui berbagai media, kalian dapat mencatat kosa kata yang baru kalian dengar tadi. Catat kata atau kalimat yang menurut kalian sulit untuk dipahami di buku kalian. Lalu langkah selanjutnya adalah pelajari kata atau kalimat yang belum kalian pahami tadi. Kalian juga bisa menanyakan arti bahasa asing itu kepada guru di sekolah atau melalui Google.

3. Pahami Materi Bukan Sekadar Menghafal

Meski menghafal lebih mudah dibandingkan memahami materi, hal ini akan menyulitkan kalian dalam belajar bahas asing. Meski awalnya terbilang rumit dan sulit untuk memahami materi, tapi lama kelamaan akan terasa mudah jika kalian dapat memahaminya. Tentunya dengan memahami materi ini, kalian akan mudah untuk menghafalkannya. Bahkan bisa dipastikan kalian akan lebih mahir jika paham dengan materi yang sudah dipelajari.

Baca Juga: Begini Kiat agar Anak Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

Jika masih kesulitan dalam mengingat kosa kata baru, kalian dapat menggunakan metode Mnemonik. Metode ini merupakan sebuah kemampuan otak untuk dapat menghubungkan kata-kata, ide, dan sebuah khayalan. Ada pula teknik yang dapat kalian lakukan:
– Siapkan sebuah kata kunci atau kosa kata yang ingin dipahami
– Hubungkan kata-kata dengan sesuatu yang berkaitan
– Visualisasikan kata-kata tersebut dalam ingatan
– Ucapkan atau katakana kosa kata tadi dalam ingatan secara berulang-ulang

4. Aktif Berlatih dan Jangan Takut Salah

Setelah memahami kosa kata baru, tips yang selanjutnya belajar bahasa asing adalah rajin berlatih dan jangan takut jika mengalami kesalahan pengucapan. Jangan pernah takut untuk mencoba mengucapkan bahasa asing karena kalian sebelumnya telah belajar banyak kosa kata bahkan dapat memahami maksudnya. Kalian juga bisa mencoba melakukan percakapan dengan orang asing untuk mengetahui bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan baik dan seuai. Di era serba digital ini banyak cara menemukan teman orang asing melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah

5. Jaga Kualitas Belajar

Tips yang terakhir adalah dengan menjaga kualitas belajar kalian. Untuk menghindari kalian lupa akan materi yang telah dipelajari, pastikan kalian memiliki jadwal rutin belajar bahasa asing supaya tetap konsisten dan semakin mahir. Jika kalian dapat menjaga kualitas belajar bahasa asing, kalian akan mampu mencapai semua tujuan yang telah direncanakan dari awal belajar bahasa asing.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Santri Ponpes SMP Dimsa Terjun ke Masyarakat, Berbagi Sayuran & Hidupkan Masjid

      Sekitar 50 santri Ponpes SMP Dimsa diterjunkan ke lapangan dalam program pengabdian ke Masyarakat di Masjid Al Hikmah Desa Trombol, Mondokan, Sragen.

      Begini Tips Bertanya pada Guru saat Pelajaran Berlangsung

      Berikut ini tips bertanya pada guru saat pelajaran berlangsung.

      SD Muh 2 Solo Boyong 5 Piala Mapsi, 2 Lomba Maju Tingkat Kota Solo

      SD Mudaka Solo meraih lima piala di ajang lomba Mapsi tingkat Kecamatan Pasar Kliwon, dan ada dua lomba yang maju tingkat kota Solo, setelah meraih juara I tingkat kecamatan.

      Tips Mudah Belajar Bahasa Asing untuk Siswa

      Ada sejumlah tips mudah belajar bahasa asing.

      Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah

      Berikut ini cara meningkatkan minat baca siswa di sekolah.

      Begini Tips Membawa Tas Sekolah yang Baik bagi Anak

      Orang tua sebaiknya mengetahui bagaimana cara membawa tas sekolah yang baik bagi anak.

      Cara Membuat Pelajar Tetap Konsentrasi saat Pelajaran

      Ketahui cara membuat pelajar tetap konsentrasi saat pelajaran berlangsung.

      Kelas Digital SMP Batik Belajar Seru di BBWS Bengawan Solo

      Siswa-siswi kelas digital SMP Batik Surakarta mengadakan outing class ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Selasa (13/9/2022).

      Ratusan Siswa SD/MI Se-Soloraya Sukseskan Dimsa Fair 6

      SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (Dimsa) kembali diramaikan oleh lebih dari 657 peserta dalam acara Dimsa Fair yang ke-6.

      Tips Mengerjakan PR tanpa Terbebani

      Berikut ini ada beberapa tips supaya kalian dapat mengerjakan PR tanpa merasa terbebani.

      Mentoring, Strategi Penguatan Karakter di SMP Batik Solo

      Mentoring menjadi agenda rutin yang digelar SMP Batik Surakarta untuk melatih dan memberi bekal softskill berupa penguatan karakter dan wadah penggemblengan supaya menjadi manusia yang sempurna (kaamil).

      Tips Efektif Mencatat Pelajaran bagi Anak Sekolah

      Ketahui tips efektif mencatat pelajaran bagi pelajar berikut ini.

      Begini Cara Jitu Belajar Menyenangkan Setiap Mata Pelajaran Umum, Guys!

      Ketahui cara jitu belajar menyenangkan untuk setiap mata pelajaran umum di sekolah.

      Keren! SMA Batik 1 Solo Jalin Kerja Sama dengan Universitas di Malaysia

      SMA Batik 1 Solo berkesempatan mengunjungi beberapa kampus di Malaysia, salah satunya adalah University Malaysia of Computer Science & Engineering (Unimy).

      Gegap Gempita Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di SMPN 7 Solo

      Gegap gempita perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di SMPN 7 Soloa tidak hanya dengan melakukan upacara bendera.

      Grebeg Sampah Warnai Peringatan HUT ke-61 Pramuka di SMPN 7 Solo

      Peserta didik kelas VII SMPN 7 Solo melakukan aksi grebeg sampah di sekitar lingkungan luar sekolah.