Penipuan sms 'chat v' (Instagram/@SAFEnet).

Solopos.com, SOLO -- Modus penipuan melalui SMA seringkali terjadi dan meresahkan masyarakat. Biasanya, pelaku penipuan mengirimkan tautan (link) agar pemilik ponsel mengunduh sejumlah aplikasi. Kabarnya, aplikasi tersebut bisa mencuri data pemilik ponsel.

Modus penipuan ini kerap disebut dengan SMS Chat-V. Tautan yang dikirimkan pelaku ini memang terlihat tidak mencurigakan. Tetapi, Anda patut waspada jika menemukan SMS semacam itu.

Viral Hoaks Imbauan Kemenkes RI Soal Pencegahan Virus Corona Hoaks, Cek Faktanya!

Dilansir dari unggahan akun Instagram Southeast Asia Freedom of Exporession Network (SAFEnet), Rabu (29/1/2020), ada empat langkah yang bisa dilakukan agar tidak menjadi korban aksi penipuan SMS Chat-V. Simak ulasannya berikut ini:

Hapus pesan

Apabila mendapat SMS ajakan untuk membuka tautan yang berasal dari nomor ponsel tak dikenal, Anda bisa langsung menghapus pesan tersebut.

Minta Setoran ke Pengikut, 2 Pengurus King of The King Diciduk

Pasang aplikasi anti-virus

Jika sudah terlanjur membuka tautan tersebut, segera pasang aplikasi antivirus yang bisa didapatkan di Google Play Store maupun App Store. Lakukan pemindaian agar mengetahui ada data atau aplikasi yang berbahaya atau tidak. Jika menemukan data atau aplikasi berbahaya, segeralah menghapusnya.

Setel ulang ponsel

Jika Anda sudah memasang aplikasi dari tautan tersebut, segera setel ulang ponsel ke kondisi awal seperti baru.

7.800 Orang di 17 Negara Terinfeksi Virus Corona, Baru 128 yang Sembuh

Untuk melakukan penyetelan ulang, pemilik ponsel bisa masuk pada menu pengaturan di gawai masing-masing.

Beli ponsel baru

Terakhir, jika ponsel Anda tiba-tiba me-restart dan mengirim SMS sendiri, alangkah baiknya segera untuk menggantinya dengan ponsel baru. Pasalnya, ada kemungkinan nomor Anda telah tersebar dan disalahgunakan oleh pelaku penipuan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SAFEnet (@safenetvoice) on


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten