SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kesan pertama sangat penting, terutama saat Anda sedang melakukan wawancara kerja. Situs informasi lowongan kerja di Indonesia, JobStreet.com, membagikan lima tips penting perawatan atau grooming untuk wawancara kerja bagi pria maupun wanita:

Tips perawatan untuk pria :

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anda mungkin berpikir para pria cenderung lebih mudah dalam hal perawatan dan berpakaian dibandingkan dengan wanita. Pendapat itu tak sepenuhnya benar. Kaum Adam memang memiliki pilihan pakaian yang cukup mudah dibandingkan dengan wanita, tetapi perawatan kebersihan mereka dapat lebih sulit, tergantung pada faktor-faktor tertentu.

1. Penataan rambut
Pilihlah produk penataan rambut yang menjaga rambut tetap rapi dengan tampilan alami, daripada gel atau krim rambut yang menciptakan tampilan berminyak.

2. Rambut pada wajah
Pria yang termasuk dalam kategori “berbulu” perlu memastikan wajah mereka agar tetap rapi dengan memangkas janggut atau kumis serta rambut telinga dan bulu hidung.

3. Pilihan pakaian
Pastikan setelan atau kemeja dan celana yang dipakai baru dicuci, diseterika rapi, dan terkoordinasi dengan baik. Jika Anda melakukan wawancara untuk posisi kreatif atau berorientasi pada mode, Anda mungkin ingin mengambil kesempatan tersebut untuk mengekspresikan kepribadian Anda dengan pakaian yang lebih berwarna, sambil tetap menjadikannya profesional.

4. Napas
Jika Anda seorang perokok, jangan merokok selama setidaknya setengah jam sebelum wawancara, dan jika Anda harus minum kopi sebelumnya, pastikan Anda memiliki permen mint. Anda tidak ingin mengganggu pewawancara dengan napas yang bau.

5. Aroma badan
Gunakan deodoran agar tetap segar dan kering, tetapi hindari cologne dan wewangian yang kuat. Anda tidak ingin mengalahkan pewawancara Anda dengan cara apa pun, termasuk dalam hal aroma.

–Tips perawatan untuk wanita :

1. Riasan
Hindari berdandan berlebihan. Less is more, ketika tujuan Anda adalah untuk terlihat profesional. Gunakan warna-warna segar dan alami dan jaga agar tetap sederhana dan ringan.

2. Rambut
Jika Anda memiliki rambut panjang, ikat kuncir kuda atau setidaknya pastikan rambut Anda rapi dan tidak berantakan.

3. Pakaian
Sebaiknya Anda memilih setelan jas, rok, atau gaun cantik, ingatlah untuk tetap berpenampilan profesional. Jauhi potongan leher rendah, rok mini dan apa pun yang terlalu terbuka yang mungkin mengirim pesan yang salah. Aksesori harus dihindari atau gunakan sesederhana mungkin.

Jangan lupa alas kaki yang tepat — kenakan sepatu yang terlihat bagus tetapi jangan biarkan Anda meringis di setiap langkah. Sekali lagi, pengecualian untuk aturan di sini adalah jika Anda wawancara untuk posisi yang kreatif atau berorientasi mode, Anda diizinkan untuk menunjukkan warna dan kepribadian dalam penampilan Anda.

4. Napas
Aturan sama yang berlaku untuk para pria – jangan merokok setidaknya setengah jam sebelum wawancara, dan bawa permen mint dalam tas Anda jika Anda perlu menyegarkan napas.

5. Aroma
Sama seperti pada pria, gunakan deodoran agar tetap segar dan kering, tetapi hindari parfum yang beraroma terlalu kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya