SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak bawa payung saat kehujanan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Agar anak tidak mudah jatuh sakit, ketahui sejumlah tips untuk menjaga daya tahan tubuh mereka di musim penghujan. Untuk menjaga kesehatan anak, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Saat perubahan musim seperti sekarang ini, tubuh perlu beradaptasi. Padahal di satu sisi aktivitas buah hati Anda tidak berkurang sedikit pun. Mereka masih sekolah, bermain bersama teman-temannya, atau mengikuti kegiatan di luar sekolah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Untuk beradaptasi dengan musim penghujan dibutuhkan imun yang baik agar tetap sehat. Biasanya di kala musim hujan orang rentan terserang penyakit, terlebih pada anak-anak. Bakteri dan virus mudah berkembang di udara yang lembab pada musim hujan ialah salah satu alasannya.

Dilansir dari laman healthshots.com pada Sabtu (6/1/2024), terdapat 5 tips untuk menjaga daya tahan tubuh pada anak di kala musim hujan:

1. Menjaga asupan nutrisi sehat

Anak anak biasanya berpikir bahwa makanan yang sehat terasa tidak enak dan hambar, namun orang tua dapat merubah pemahaman mereka dengan  membuat makanan dengan bahan serta resep yang sehat. Pastikan untuk memberi makanan yang organik dan hindarkan dari memakan junk food berlebih.

2. Lakukan  olahraga

Tips berikutnya untuk menjaga daya tahan tubuh anak di musim hujan adalah pastikan mereka melakukan olahraga dengan rutin. Kegiatan di luar ruangan harus lebih dilakukan. Ketika di dalam ruangan, pastikan mereka melakukan keluarga aerobik seperti lompat tali, dan lompat jongkok yang mana menggunakan energi tubuh yang cukup dibandingkan menghabiskan waktu didepan layar.

3. Lakukan gaya hidup sehat

Gaya hidup yang sehat adalah hasil dari pola makan yang baik, olahraga, dan kebiasaan tidur. Menurunkan waktu di depan layar dan menghindari memberi gadget minimal 1 jam sebelum tidur akan membantu kualitas tidur menjadi lebih baik.

4. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan tangan sangatlah penting untuk menghindari terkena dan menyebarkan infeksi. Pastikan anak untuk mencuci tangannya dengan rutin dan mandi setiap hari untuk menjauhkan mereka dari penyakit yang muncul di kala musim hujan.

5. Melakukan vaksin

Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka dari itu pastikan anak mendapat vaksin yang dibutuhkan pada usianya, juga termasuk vaksin influenza setiap tahun. Vaksin tipes dan hepatitis dapat menghindarkan anak dari penyakit yang bersumber dari terkontaminasinya makanan dan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya