SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencopet (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam penyelenggaraan Pasar Malam Sekaten, Solo, Jawa Tengah, ternyata mendapat perhatian dari kepolisian karena sejumlah pengunjung melapor menjadi korban copet. Nah, untuk itu sebelum ke Sekaten Solo, simak tips menghindari copet di bawah ini.

Baru-baru ini, sejumlah pengunjung Sekaten Solo melapor ke polisi karena menjadi korban pencopetan. Oleh karena itu, Wakapolresta Solo, AKBP Gatot Yulianto menerjukan 100 personel untuk mengamankan acara yang diselenggarakan oleh Keraton Solo tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Patroli dan pengamanan acara Sekaten itu terus dilakukan pihaknya baik pengamanan terbuka dan tertutup dilakukan. Untuk di Sekaten, pihak Polresta Surakarta menurunkan 100 personel secara bergantian untuk pengamanan,” jelas dia, dilansir situs resmi Humas Polri.

Diberitakan sebelumnya, dalam lima hari penyelenggaran pasar malam tersebut, Polsek Pasar Kliwon menerima tujuh laporan kehilangan dompet dan ponsel dari pengunjung Pasar Malam Sekaten. Pelaku menyasar kru wahana permainan hingga pengunjung yang lengah di area Sekaten.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Imbas Jembatan Jurug B Ditutup, BST Solo Koridor 4 Kini Tak Lewat Belakang UNS

Nah, agar terhindar dari copet yang beraksi di Pasar Malam Sekaten Solo, sebagaimana diulas Solopos.com sebelumnya.

Tips Menghindari Copet di Sekaten Solo

1. Memulai kegiatan dengan berdoa agar Tuhan memberikan kelancaran dan keselamatan saat beraktivitas.

2. Usahakan tidak beraktivitas sendirian, bisa minta ditemani pacar atau suami. Bagi yang jomlo bisa minta ditemani kawan atau keluarga.

3. Selalu waspada terhadap lingkungan sekitar, bersikap observatif dan waspada dengan gerak-gerik orang di sekitar, tapi jangan over-reaktif.

4. Jaga jarak terhadap orang yang baru dikenal.

5. Waspadai dompet, jangan sampai menyembul saat disimpan.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Ditutup, Rute BST Solo Koridor 4 dan Feeder 10 Dialihkan

6. Gunakan tas yang terlihat sederhana dan tertutup. Pelaku perampasan dan copet kerap menargetkan korban yang menggunakan tas terlihat mewah dan mencolok. Selain itu, gunakan tas dengan penutup seperti ritsleting atau kancing yang tidak mudah dibuka.

7. Usahakanlah untuk selalu menggendong tas di bagian depan tubuh, dan peluklah tas jika anda terpaksa melewati kerumunan orang.

8. Upayakan tidak menyimpan seluruh barang berharga dalam satu tempat.

9. Hindari tempat gelap dan sepi. Apabila ada gelagat dibuntuti orang, maka segera menuju ke tempat ramai.

10. Jangan bermain telepon genggam di pinggir jalan atau di lokasi sepi.

Baca Juga: Jadwal Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Ada Harga Tiket dan Cara Belinya!

11. Bila menjadi korban aksi kejahatan, segera berteriak minta tolong, membunyikan klakson atau tindakan lain untuk menarik perhatian orang di sekitar.

12. Hindari main hakim sendiri dan segera laporkan kejadian pada petugas keamanan atau kepolisian terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya