SOLOPOS.COM - Ilustrasi bahagia (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Mengawali tahun baru dengan semangat baru selayaknya bukan hanya menjadi slogan tapi penting untuk direalisasikan.

Jika di masa lalu terjadi banyak kejadian yang menguras tenaga maupun emosi, tak perlu risau karena masih banyak kesempatan untuk menggapai mimpi dan kebahagiaan di masa depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun perlu diperhatikan, suasana hati sangat memengaruhi segala aspek kehidupan, mulai dari hubungan, pekerjaan, dan perawatan diri. Dilansir dari Huffost, berikut lima tips meraih kebahagiaan yang direkomendasikan oleh para terapis kesehatan mental:

1. Tentukan Jadwal Tidur yang Tepat

Jika Anda berpikir jam tidur tidak Anda terlalu bermasalah, sebaiknya perhatikan jadwal Anda lebih cermat. Apakah Anda benar-benar mendapatkan jam tidur optimal? Atau Anda telah mempertahankan waktu tidur yang relatif sama setiap malam?

“Tidur nyenyak [konsisten] sangat penting. Kurang tidur kronis adalah masalah besar, terutama bagi mereka yang bekerja lembur atau sangat sibuk," kata Joanna Konstantopoulou, seorang psikolog dan pendiri Health Psychology Clinic.

Dia menambahkan kurang tidur selama satu atau dua jam saja per hari memiliki dampak signifikan pada pikiran dan hal itu dapat merusak kesehatan psikologis.

"Mulailah dengan langkah-langkah kecil dengan memberikan waktu tidur yang masuk akal dan realistis. Cobalah tidur setengah jam sebelum waktu tidurmu yang biasa dan patuhi itu. Evaluasi kebiasaan baru ini setiap hari dengan memiliki jurnal dan tulis kemajuan Anda," tuturnya.

Dia mencatat rutinitas baru tersebut akan meningkatkan daya ingat, mengurangi kecemasan, dan membawa racun keluar dari otak.

2. Taklukkan Kecemasan

Para terapis menyampaikan penting untuk memotivasi diri sendiri dalam menaklukkan ketakutan guna menghadapi 2020.

"Pilih kecemasan yang menghambat Anda dan berkomitmen untuk sepenuhnya menghilangkan ketakutan itu," kata Forrest Talley seorang psikolog klinis.

Dia melanjutkan, kebahagiaan cenderung berada dibalik kecemasan. Oleh sebab itu, tahun baru menjadi momentum tepat untuk menghapuskan kecemasan dan menjadikannya kebahagiaan.

“Jangan menahan apa pun. Perlakukan ketakutan itu seolah-olah itu adalah musuh nomor satu," ucap Talley.

3. Temukan Aktivitas Fisik yang Disukai

Dokter Jena Sussex-Pizula mengatakan olahraga memainkan peran besar dalam kesehatan mental. Selain itu, dalam sebuah studi, olahraga juga memiliki efek menguntungkan dalam mengurangi gejala depresi.

4. Katakan Hal-hal Baik Tentang Anda

Ahli kesehatan mental anak dan psikolog, Roseann Capanna-Hodge, menyarankan penyesuaian kosa kata sehari-hari, baik dalam pikiran maupun ucapan.

Semisal, alih-alih mengatakan "Jika saya mendapatkan pekerjaan itu,' lebih baik gunakan kata lain, seperti "Ketika saya mendapatkan pekerjaan itu."

"Perubahan-perubahan halus dalam menggunakan bahasa positif membantu mengubah pola pikir Anda menjadi gelas setengah penuh bukannya gelas setengah kosong," ujarnya.

5. Jalan-jalan Keluar Setidaknya 10 Menit Per Hari

Berjalan-jalanlah saat istirahat makan siang, habiskan beberapa menit minum kopi pagi di luar atau mulai berlari. Tak perlu habiskan waktu terlau lama tetapi cukup 10 menit per hari untuk menjaga kesehtaan mental Anda.

baca pula: Tips Tampil Stylish Bagi Wanita Karier Sambut Tahun Baru 2020

"Penelitian di banyak negara menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di ruang hijau dapat mengangkat suasana hati Anda dan mengurangi kecemasan hanya dalam 10 menit," ungkap Michael Brodsky, seorang psikiater.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya