Ilustrasi (scu.edu)

Solopos.com, SOLO -- Gaji setara upah minimum kota/kabupaten (UMK) atau di bawah Rp3 jutaan merupakan standar upah berdasarkan kebutuhan hidup dasar pekerja. Hal ini berpotensi membuat seorang karyawan susah mengatur keuangan.

Apalagi jika gaji tersebut tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup selama satu bulan. Pertanyaannya, bagaimana bisa mengatur keuangan yang sangat terbatas untuk memenuhi biaya yang melebihi kebutuhan dasar?

"Dia bingung nih dengan gajinya sebatas UMR atau Rp3 juta bisa nabung bagaimana caranya? Padahal segala kebutuhannya semakin meningkat. Belum lagi ingin nikah biaya sendiri, beli rumah sendiri," kata perencana keuangan Widya Yuliarti menceritakan persoalan yang dialami rekannya.

Hal itu diungkapkan Widya dalam video berjudul Para Freshraduate, Begini 5 Trik Jitu Menabung dengan Gaji 3 Juta yang tayang di kanal Youtube Finansialku.com satu tahun lalu.

Maling Motor di Wonogiri Gagal Kabur Gara-Gara Kehabisan Bensin

Padahal untuk mengatur keuangan dengan gaji sesuai UMR, katanya, tidak terlalu sulit. Berikut lima tips agar bisa menabung dengan gaji Rp3 juta versi Widya:

1. Membuat anggaran keuangan

Setiap bulan seorang pekerja harus membuat anggaran pengeluaran selama satu bulan, mulai dari biaya makan, transportasi, komunikasi, hiburan, dan lain sebagainya. Dengan gaji Rp3 juta, 50 persennya harus dialokasikan untuk ditabung.

Rumah Purnawirawan Jenderal TNI Peraih Bintang Gerilya Jokowi Digusur

2. Catatan keuangan

Setiap pengeluaran harus dicatat setiap harinya. Hal ini penting agar pengeluaran tetap terkontrol dengan baik serta menghindari pemborosan.

3. Menambah sumber keuangan

Hal ini bisa dilakukan dengan cara berjualan secara online atau pekerjaan sampingan. Selain itu, jika memiliki hobi berpergian, seorang karyawan bisa memanfaatkan jasa titip barang yang saat ini menjadi tren.

Jadi Muncikari, Sales Air asal Sumenep Diciduk di Hotel

4. Melakukan investasi

Sisihkan gaji Anda untuk investasi jangka panjang melalui reksadana atau saham. Perlu diingat, sebelum melakukannya, kita perlu memastikan dulu tujuan berinvestasi. Selain itu, perhatikan pula faktor risiko dan keuntungannya.

5. disiplin

Dari keempat poin di atas, yang terpenting adalah disiplin mengikuti anggaran. Dengan begitu, gaji Rp3 juta bisa digunakan dengan bijak dan baik.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten