Ilustrasi

Solopos.com, SOLO - Pelesiran kini menjadi kebutuhan sebagian besar keluarga. Selain orang tua butuh jeda dari rutinitas pekerjaan, anak-anak juga perlu rehat dari kegiatan akademik. Relasi dan ikatan setiap anggota keluarga juga menguat setelah liburan bersama.

Jauh sebelum menentukan mau memboyong pelesiran keluarga ke mana, blog keuangan Dough Roller, menyarankan agar kita lebih dulu menakar prioritas kebutuhan dan memastikan kondisi finansial aman. Riset menyebut 74% warga Amerika Serikat punya utang setelah liburan.

Terkadang liburan jauh atau mewah tidak pas dengan keuangan kita. Terlebih jika idenya datang mendadak. Tipe pelesiran seperti itu lebih pas jika dipersiapkan jauh-jauh hari, terutama untuk memesan tiket dan hotelnya.

Alih-alih membuang kelewat banyak uang untuk pelesiran, sebenarnya ada beberapa alternatif menabung memori untuk keluarga. Beberapa di antaranya adalah staycation, menginap di rumah kerabat, dan camping.

Ketiganya tidak butuh dana kelewat besar namun bisa menghasilkan kenangan berkesan.

Namun jika keluarga memang membutuhkan pelesiran dengan dosis lebih untuk menciptakan pengalaman ekstra, siapkan dulu dananya. Langkah pertama dengan membuat anggaran perencanaan.

Rekomendasi Liburan Terbaik Buat Kamu, Klik di Sini!

Dalam anggaran tersebut, tetapkan besarnya dana maksimal pengeluaran. Setelah itu baru tetapkan lokasi atau destinasi yang bisa dijangkau dengan duit tersebut. Jangan lupa pertimbangkan detail kebutuhan atau pengeluaran selama di lokasi atau destinasi tersebut.

Nasi Merah Bantu Turunkan Berat Badan

Ada beberapa cara untuk mengatur keuangan untuk pelesiran. Bisa dikerjakan dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan. Atau memanfaatkan dana bonus tahunan atau THR.

Tips Siapkan Anak Agar Tak Iri dengan Kehadiran Adik Baru

Yang perlu diingat, ambil dana pelesiran dari pos khusus ini. Kadang keuangan bisa bocor karena kita hanya mengambil anggaran ini saat liburan atau pelesiran jauh atau butuh banyak dana. Sedangkan vakansi singkat seperti jalan akhir pekan atau awal bulan tidak dihitung.

Khasiat Habbatussauda Diklaim Sembuhkan Segala Penyakit Kecuali Kematian

Agar lebih irit, manfaatkan promosi atau diskon dari berbagai platform untuk memesan tiket dan akomodasi pelesiran. Usahakan juga memilih akomodasi yang menyediakan dapur. Selain bisa mengirit pengeluaran untuk makan, kebutuhan gizi keluarga juga lebih terjaga.

Waduh, Kalori Kerupuk Setara Sepiring Nasi

Liburan juga butuh sedikit riset. Salah satunya transportasi di destinasi. Hitung cermat apakah menggunakan layanan rental mobil lebih irit dan efisien ketimbang transportasi publik.

Lalu soal tiket atraksi, apakah ada promo dan sebagainya. Sampai urusan oleh-oleh, perlu disurvei lebih dulu.

Kedai Bakso Kejujuran di Banjarsari Solo: Ambil, Hitung, dan Bayar Sendiri Makananmu

Setelah semua persiapan matang, saat hari H liburan tiba, ada beberapa kiat keuangan yang bisa dijalankan. Salah satunya membawa uang tunai.

Seperti konsep amplop di keuangan rumah tangga, taruh masing-masing uang di dalam amplop khusus. Tujuannya agar tidak gelap mata di destinasi.

Baca Tips Keuangan Lainnya, Klik di Sini!

Setiap hari usahakan untuk mengevaluasi pengeluaran. Agar lebih praktis, kita bisa memanfaatkan aplikasi budgeting digital. Bisa juga menggunakan buku catatan khusus. Termasuk pengeluaran dengan kartu kredit atau aplikasi pembayaran lainnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten