Tips Menabung agar Gaji Tidak Menguap

Agar gaji tidak menguap begitu saja, sebaiknya terapkan tips menabung berikut ini.

Kamis, 29 September 2022 - 11:45 WIB Editor: Astrid Prihatini WD | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menabung. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar uang atau gaji yang diterima tidak menguap, dibutuhkan sistem pembagian serta tips menabung yang tepat. Simak ulasannya di tips keuangan kali ini.

Berapa pun besar penghasilan yang Anda dapatkan, akan selalu ada saja segudang alasan kenapa uang tersebut cepat sekali raib dari kantong Anda. Mulai dari membayar aneka tagihan, segala kebutuhan rumah tangga yang harus dibeli, dan juga kebutuhan lainnya yang harus diselesaikan, tanpa sempat menyisihkan uang tersebut untuk ditabung.

Karenanya, jika Anda menginginkan sebuah keuangan yang stabil hingga tanggal gajian selanjutnya, satu hal yang perlu Anda lakukan adalah sisihkan sebagian dari penghasilan untuk ditabung sebelum Anda mengurus kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Resesi Global

Tak hanya berhenti hingga di situ, berikut ini tips menabung yang tepat agar gaji Anda tidak habis begitu saja seperti dikutip dari zurich.co.id pada Kamis (29/9/2022):

1. Aplikasikan Tips Menabung yang Tepat

Setelah mengeluarkan uang gaji untuk hal-hal yang utama dan penting sesuai dengan anggaran belanja yang Anda buat, sebaiknya langsung Anda sisihkan untuk menabung. Sebagai tips menabung, usahakan juga untuk memisahkan rekening gajian dengan rekening tabungan Anda. Sehingga Anda akan lebih mudah mengontrol pengeluaran tanpa perlu mengganggu uang simpanan. Selain memisahkan rekening, pisahkan kartu atm tabungan dari dompet agar tidak dengan mudah menggunakan uang yang ada di dalamnya.

2. Buat Anggaran Belanja

Kita tentunya tak bisa menyangkal dari kebutuhan sehari-hari yang harus kita penuhi, mulai dari makan, transport, listrik, pulsa telpon, dan lainnya. Belom lagi jika Anda memiliki tagihan atau biaya angsuran. Agar semua terpenuhi, buatlah anggaran pengeluaran bulanan.

Baca Juga: Celengan: Bukti Tradisi Menabung & Mitos Babi Ngepet

Jangan lupa untuk masukkan pula dana darurat dalam daftar pengeluaran Anda. Ini penting karena dalam keadaan genting, Anda harus bisa menjamin keluarga tetap dapat menjalani hidup dengan layak dari dana ini.

3. Atur Jadwal Penarikan ATM

Menyimpan kartu ATM di dalam dompet tentunya akan membuat Anda bergantung dan senantiasa tergoda untuk mengambil uang setiap saat. Hal tersebut tentunya tak baik untuk kondisi finansial Anda, karena bisa jadi uang yang diambil melebihi budget pengeluaran yang telah direncanakan.

Ada baiknya jika Anda mengatur jadwal penarikan uang di ATM. Misalnya, seminggu sekali untuk memenuhi pengeluaran untuk satu minggu. Lakukan tips menabung ini dengan taat, agar kondisi keuangan Anda bisa terselamatkan.

Baca Juga: Menabung Bersama Pasangan Sebelum Menikah, Sebaiknya Dihindari?

4. Jadikan Asuransi Sebagai Tips Menabung dan Investasi

Alokasikan dana Anda untuk menciptakan sebuah investasi sekaligus asuransi sebagai cara menghemat uang dan tips menabung gaji Anda. Secara umum, investasi merupakan salah satu langkah cerdas untuk mendapatkan keuntungan dalam merencanakan keuangan Anda. Sedangkan asuransi dapat menjadi jaminan ketetapan keuangan. Karena saat terjadi risiko, pihak asuransi telah memproteksi semuanya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif