SOLOPOS.COM - Ilustrasi memotret menggunakan smartphone (phonearena.com)

Solopos.com, SOLO­ – Beberapa tahun belakangan ini, banyak kamera smartphone yang berevolusi menjadi lebih baik daripada generasi sebelumnya. Hal ini semakin membantu kita untuk memotret dengan cara praktis tanpa perlu repot membawa kamera khusus.

Kamera smartphone secara umum memang mudah dan praktis untuk digunakan. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu bagaimana cara menggunakan kamera smartphone mereka secara optimal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut beberapa tips yang dapat anda jadikan acuan untuk mengoptimalkan pengambilan gambar melalui kamera smartphone bagi pengguna pemula seperti dilansir phonearena, Selasa (26/11/2013).

Pastikan Stabil

Pastikan bahwa smartphone yang Anda pegang stabil. Usahakan tidak bergerak sama sekali, karena sedikit gerakan yang Anda buat dapat mengakibatkan gambar yang dihasilkan menjadi kabur.

Jangan Gunakan Zoom

Penggunaan zoom harus dihindari ketika sedang mengambil gambar. Semakin Anda menggunakan zoom, maka gambar Anda akan terlihat semakin buruk karena menurunkan kualitas gambar. Sebaiknya gunakan alat editing yang ada pada smartphone Anda untuk membuang gambar yang tak digunakan daripada menggunakan zoom.

Pastikan Lensa Kamera Bersih

Lensa kamera smartphone mudah sekali kotor, itulah sebabnya Anda harus meluangkan waktu untuk membersihkan sebelum menggunakannya. Menyeka lensa kamera Anda dengan sehelai kain lembut sangat penting dilakukan sebelum menggunakannya.

Atur Fokus dan Eksposur dengan Tepat

Aturlah fokus dengan benar yang disesuaikan dengan subjek foto Anda. Kebanyakan kamera smartphone telah dilengkapi dengan pengaturan fokus dan eksposur berdasarkan area frame yang Anda tekan.

Ikuti Aturan Ketiga

Aturan ketiga adalah trik sederhana dan mudah yang dapat Anda gunakan saat mengambil gambar. Bayangkan bahwa frame dibagi menjadi tiga bagian yang sama secara vertikal dan horizontal. Tempatkan subjek Anda sepanjang salah satu garis vertikal, atau tepat di titik perpotongan garis horizontal dan vertikal berpotongan. Cobalah!

Coba Beberapa Aplikasi

Pada smartphone berbasis Android, IOS maupun Windows Phone menawarkan beberapa alternatif aplikasi kamera. Cobalah untuk menggunakan aplikasi tersebut. Sebagai contoh aplikasi Camera FV-5 adalah salah satu contoh aplikasi kamera yang cukup bagus untuk Android dan IOS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya