SOLOPOS.COM - Ilustrasi yoga. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Olahraga rutin yang juga diimbangi mengatur pola makan sangat diperlukan agar tubuh selalu fit serta imunitas tubuh lebih kuat menghadapi pandemi Covid-19.

Dokter kecantikan dan Social Entrepreneur Sonia Wibisono menyarankan agar memilih olahraga yang ringan dan bisa dilakukan di rumah agar lebih terlindungi saat pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Provinsi Termuda di Indonesia Ini Punya 5 Tempat Wisata Eksotis

Menurut Sonia Wibisono, dalam masa pandemi ini masyarakat harus tetap berolahraga minimal 30 hingga 40 menit sehari.

Ekspedisi Mudik 2024

“Lebih baik memang olahraga di rumah saja. Kalau bisa di rumah ya di rumah,” ujarnya dalam Ngobrol Santai Bisnis.com, Jumat (14/8/2020).

Pilihan berolahraga di rumah, ungkap dia, ada treadmill tapi jalan cepat saja, atau menggunakan sepeda statis. Lalu ada yoga, meditasi, atau stretching, namun dia menyarankan pilih yang kalem-kalem saja tapi baik untuk pernapasan.

Sebaliknya, Sonia meminta masyarakat untuk menghindari olahraga berat, apalagi ketika harus dilakukan di luar rumah seperti maraton sebab dikhawatirkan bisa mencederai lutut dan tumit.

Apalagi jika olahraga lari tersebut dilakukan di luar rumah, dan tetap harus mengenakan masker, khawatir bisa mengganggu pernapasan.

Lakukan Rutin Setiap Hari

Menurut Sonia Wibisono, olahraga itu yang terpenting dapat dilakukan secara konsisten.

“Jangan terlampau lama atau terlalu berat, lalu besoknya berhenti, tetapi lakukanlah secukupnya dan rutin setiap hari,” bebernya.

Dear Bunda, Waspadalah Bila Bayi Anda Sering Dipuji Gendut dan Lucu

Sonia menambahkan kalau memilih olahraga naik sepeda pun tidak masalah, yang penting jika di luar rumah harus mengenakan masker.

“Daripada lari, lebih baik jalan cepat saja. Itu pun bisa membakar kalori yang penting teratur agar jantung bisa berdenyut dengan baik,” ujarnya.

Setelah berolahraga, ungkap Sonia, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin setidaknya 2,5 liter per hari.

Awas, Kulkas Bisa Meledak Kalau Minuman Ini Disimpan di Freezer

Kemudian perbanyak pula mengonsumsi buah dan sayur, atau jika mau bisa juga minum jamu seperti jahe atau kunyit yang baik untuk stamina.

“Kalau saya suka Vitamin C, D, dan Zinc yang bagus untuk daya tahan tubuh agar tubuh tidak lemas,” tambah Sonia Wibisono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya