Tips Memilih Mainan yang Tepat dan Aman untuk Anak

Solopos.com, JAKARTA -- Mainan bagi anak-anak bukan hanya berfungsi sebagai hiburan tapi juga bisa menjadi media untuk melatih anak meningkatkan kemampuan motorik serta kecerdasan otak. Berbagai jenis mainan beredar di pasaran sehingga orang tua seringkali kebingungan memilihkan mainan yang tepat untuk buah hati mereka.

Mengingat fungsinya yang cukup penting sebagai media pembelajaran anak, orang tua jangan sembarangan memilihkan mainan untuk anak. Orang tua harus memerhatikan beberapa hal untuk memastikan mainan tersebut aman bagi si anak dan bisa menunjang tumbuh kembang mereka.

Marketing Manager ELC Indonesia, Abi Shihab, mengatakan hal pertama yang harus diperhatikan orang tua dalam memilih mainan untuk anak adalah kesesuaian usia dengan mainan. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan melihat petunjuk yang tertera pada setiap boks mainan.

Selanjutnya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahan yang digunakan untuk mainan. Dia menyarankan untuk memilih mainan yang menggunakan bahan pastik ABS (acrylonitrile butadiene styrene).

Plastik tersebut, katanya, memiliki bahan yang lebih baik dibandingkan plastik biasanya karena tidak meninggalkan bau yang menyengat dan dapat menyerap cat lebih baik sehingga tidak mudah terkelupas.

Selain itu, dia juga menyarankan agar orang tua membeli mainan berbahan kayu, “Pertama kayu kan lebih alami, kemudian tidak ada part-part kecil sehingga aman untuk anak bermain,” katanya di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Abi Shihab melanjutkan tips memilih mainan berikutnya yang tak kalah penting adalah memeriksa terlebih dahulu barang yang akan dibeli. Orang tua harus memastikan kriteria yang dianggap aman untuk anak terpenuhi.

Terakhir, Abi Shihab mengatakan agar orang tua tak sungkan membeli mainan yang memiliki kualitas bagus meskipun harganya sedikit lebih tinggi ketimbang produk sejenis.

Menurutnya, mainan yang bagus bisa bertahan lama sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama juga dan diharapkan bisa lebih aman.

“Jangan sembarangan memilih mainan untuk anak. Bagaimana pun, itu sarana anak untuk bermain dan belajar jadi harus dipersiapkan dengan baik juga, termasuk jenis mainan yang diberikan,” ujarnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom