SOLOPOS.COM - Ilustrasi imunisasi. (Antara-M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA -- Anak-anak tetap harus mendapatkan imunisasi lengkap sesuai jadwal kendati di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Ada tidak adanya Covid-19 penyakit-penyakit lain seperti difteri, influenza, pneumonia, diare, campak tetap ada. Apalagi sekarang ada wabah, imunisasi tetap harus dilengkapi," kata ahli tumbuh kembang anak, Prof. Soedjatmiko dalam konferensi pers virtual, baru-baru ini.

Promosi Targetkan Pertumbuhan Kredit Double Digit, Prospek Saham BBRI Diramal Cerah

Kiat Menjalani Normalitas Baru Saat dan Setelah Pandemi dari Pakar Google

Dia tak menampik adanya keraguan orang tua membawa anak mereka ke rumah sakit atau klinik untuk imunisasi karena takut terpapar Covid-19.

Agar anak-anak tetap mendapatkan imunisasi dengan nyaman, Soedjatmiko menyarankan orang tua mencari klinik dokter yang tidak menangani pasien sakit, termasuk Covid-19.

Tips Belanja Sayur Online dengan Aman dan Sehat 

Jika terpaksa melakukan imunisasi di rumah sakit saat pandemi Covid-19, tambah dia, sebaiknya pilihlah rumah sakit yang membuat jalur beda antara jalur pasien dan imunisasi.

"Rumah sakit yang baik akan membedakan jalur untuk imunisasi dan jalur untuk pasien, jadi tidak akan bertemu," kata Soedjatmiko.

Kalau bisa, tambah dia, cari lokasi imunisasi yang terdekat dengan rumah.

Mencuci Tangan

Kemudian, saat mengunjungi klinik atau rumah sakit, terapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Yakni mengenakan masker baik ayah/ibu maupun anaknya dan mencuci tangan seusai memegang suatu benda agar terhindar dari Covid-19.

"Selesai imunisasi juga segera pulang jangan mampir-mampir dulu. Pulang, cuci tangan, mandi," tutur Soedjatmiko.

Pada bagian lain, konsultan pediatri ZAP Clinic, Citra Amelinda, menyarankan pemilihan lokasi imunisasi yang melakukan screening sejak di pintu depan dan lokasi yang meminimalisasi proses administrasi.

Kaum Milenial Pengin Punya Rumah, Tinggal Tunjuk Saja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya