Tips Membuat Tugas Kelompok Lebih Efektif

Sebagai pelajar sebaiknya ketahui tips membuat tugas kelompok lebih efektif.

 Ilustrasi belajar kelompok. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi belajar kelompok. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Sebagai pelajar sekolah sebaiknya ketahui tips membuat tugas kelompok lebih efektif. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Tugas secara individu menuntut kita bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan nilai yang didapatkan pun menjadi milik kita sendiri. Sedangkan jika tugas kelompok merupakan tanggung jawab bersama dan di sinilah kekompakan kelompok dinilai serta nilai akan dibagi rata kepada seluruh anggota.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Tugas kelompok tergolong lebih sulit dibanding tugas individu karena mungkin adanya perbedaan pendapat dengan sesama anggota.  Akan tetapi dengan tugas kelompok ini memiliki manfaat yang berguna untuk ke depannya, seperti dapat melatih jiwa kepemimpinan jika kalian bertugas sebagai ketua kelompok, memudahkan pekerjaan karena tugas ini dikerjakan secara bersama, dan juga dapat melatih kemampuan berkomunikasi setiap anggota untuk menyampaikan pendapat.

Baca Juga: Tips Mengerjakan PR tanpa Terbebani

Dikutip dari zenius.net, Sabtu (1/10/2022), simaklah tips berikut ini agar kalian dapat membuat tugas kelompok lebih efektif:

1. Memberi Deadline

Tips yang pertama adalah memberi deadline atau tenggat waktu. Hal ini sangat penting karena akan membuat kelompok kalian tidak akan menunda-nunda pengerjaan tugas. Jika kalian sudah tahu tentang deadline yang diberikan oleh guru, sebaiknya bkelompok kalian memberi deadline sendiri untuk pengumpulan tugas masing-masing anggota.

Baca Juga: Tips Efektif Mencatat Pelajaran bagi Anak Sekolah

Dan tentunya deadline kelompok harus dibuat sebelum deadline yang diberikan oleh guru kalian untuk mengoreksi kembali tugas jika ada yang salah. Deadline pengumpulan tugas masing-masing anggota juga harus sama supaya adil untuk seluruh anggota.

2. Pembagian Tugas

Tips yang kedua adalah membagi tugas ke masinh-masing anggota, karena ini adalah tugas kelompok jadi setiap anggota memiliki kewajiban mengerjakan tugas. Tugas yang dibagi juga harus sama rata, jika ada anggota yang tidak tahu harus saling membantu. Pembagian tugas ini juga akan membuat masing-masing anggota memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Tentunya tugas yang telah dibagi akan disatukan kembali lalu dikumpulkan kepada guru.

3. Eratkan Hubungan dengan Teman

Tips yang ketiga agar membuat tugas kelompok lebih efektif adalah mengeratkan hubungan dengan seluruh teman kelompok untuk mempermudah mengerjakan tugas kelompok. Jika kalian bisa akrab apalagi satu pemikiran, mengerjakan tugas kelompok akan terasa lebih menyenangkan.

Baca Juga: Cara Cepat Menguasai Materi Presentasi bagi Siswa

Jika kalian belum kenal dekat dengan sesama anggota kelompok, kalian bisa mencoba untuk sekedar makan bersama atau main bersama sebelum mengerjakan tugas. Tentunya dengan mengeratkan hubungan sesama anggota kelompok akan lebih mudah dalam mengatur pembagian tugas, pengerjaan tugas dapat selesai dengan mudah, bahkan bisa melatih kalian berkomunikasi dengan sesama anggota.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Cetak Talenta Digital Sukoharjo, SMK Mutuharjo Ikuti SMK Digital Bootcamp 2022

      Dalam rangka meningkatkan inovasi dan digitalisasi pembelajaran bagi guru serta mempersiapkan peserta didik SMK untuk menjadi founder start up dan talenta digital di masa depan, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mengadakan kegiatan SMK Digital Bootcamp 2022 yang berlangsung di Bali, pada 6-9 Desember 2022.

      Latih Kemandirian Anak-Anak, KB-TKIT Azzahra Sragen Gelar Mabit

      Sebanyak 110 siswa TK B TKIT Azzahra Sragen mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) di kampus 1 Sragen.

      Jadi Tujuan Studi Tiru SMK di Indonesia, Ini Keunggulan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

      Dalam dua pekan terakhir dibulan November, SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Mutuharjo) mendapat kunjungan studi tiru dari berbagai sekolah dalam kota dan luar kota di Indonesia.

      8 Pengurus Baru Yayasan Nur Hidayah Dilantik, Target Raih Sertifikat ISO 9001

      Pengurus yang baru dapat membantu program Yayasan Nur Hidayah dalam pengembangan unit sekolah sampai inisiasi perguruan tinggi.

      Tips Mengajari Keselamatan Diri bagi Anak Sekolah

      Berikut ini tips mengajari anak sekolah keselamatan diri.

      Meriahkan Hari Guru Nasional, SMP Batik Surakarta Lepas 36 Balon Harapan

      Memperingati Hari Guru Nasional ke-77, siswa dan orang tua/wali SMP Batik Surakarta menerbangkan 36 balon harapan.

      Tips Cegah Bau Badan bagi Pelajar

      Memiliki bau badan menyengat tentu bakal mengganggu teman-teman di kelas, karena itu pelajar perlu tahu tips mencegahnya.

      Azzahra Fun Festival di Sragen, Dorong Perkembangan Anak Usia Dini Lewat Lomba

      KB-TK Islam Terpadu Azzahra Sragen menggelar Azzahra Fun Festival (AFF), di sekolah setempat, Sabtu (19/11/2022).

      Hari Guru Nasional 2022, Begini Cara Menghormati Guru

      Berikut ini sejumlah cara untuk menghormati dan menghargai jasa para guru.

      Diserbu Peserta dari Jateng-DIY, SMK Mutuharjo Gelar Tes Wawancara Magang Jepang

      SMK Mutuharjo menfasilitasi bagi alumni maupun nonalumni yang ingin bekerja ke Jepang didukung  dengan  relasi LPK di perusahaan-perusahaan besar Jepang.

      Pantik Jiwa Kepemimpinan, OSIS dan Dewan Ambalan Al Azhar IIBS Ikuti LDKO

      Al Azhar IIBS kemudian menggelar LDKO sebagai upaya untuk melatih kemampuan siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan.

      Sepekan di Jepang, Intip Kegiatan Seru SMA Assalaam Sukoharjo di Negeri Sakura

      Sepekan berada di Jepang, intip yuk keseruan kegiatan siswa SMA Assalaam Sukoharjo selama berada di Negeri Sakura.

      Keseruan Siswa SMP Batik Solo Ikuti Gerakan Cinta Museum

      Siswa kelas VII E SMP Batik Solo menjadi salah satu peserta Gerakan Cinta Museum yang diselenggarakan oleh Museum Keris Nusantara.

      Raup 59% Suara, Nadya Surya Callista Terpilih Jadi Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo

      Berdasarkan hasil pemungutan suara akhirnya terpilihlah Nadya Surya Callista sebagai Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo periode 2022-2023 dengan total suara 59,2%.

      Tips Agar Tidak Terlambat Datang ke Sekolah

      Berikut ini sejumlah tips agar kalian tidak terlambat ke sekolah.

      Manasik Haji SMA Batik 1 Surakarta 2022

      SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan outing class yaitu manasik haji pada Jumat (11/11/2022) dan diikuti seluruh siswa kelas X didampingi wali kelas beserta guru yang menjadi muthawif.