SOLOPOS.COM - Ilustrasi memanaskan makanan dengan microwave. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Memanaskan makanan dengan microwave bisa sedikit tricky, karena itu sebaiknya ketahui tips yang tepat supaya enggak salah langkah. Simak ulasannya di tips memasak kali ini.

Bagi sebagian orang, memanaskan makanan dengan piranti canggih ini merupakan salah satu pilihan praktis kala sahur di Bulan Puasa. Namun jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat, efeknya cukup berbahaya bagi kesehatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Misalnya saja saat Anda memanaskan makanan menggunakan wadah plastik. Mungkin ini terdengar sepele. Namun perlu Anda tahu, risiko memanaskan hidangan menggunakan plastik bukan hanya sebatas melelehnya plastik yang digunakan saja. Reaksi kimia yang ditimbulkan saat plastik dipanaskan juga cukup berbahaya. Ini berlaku untuk semua jenis microwave.

Berikut ini sejumlah tips memanaskan makanan dengan microwave seperti dikutip dari laman id.sharp pada Selasa (28/3/2023):

1. Gunakan Wadah Keramik atau Plastik

Wadah paling aman untuk memanaskan makanan menggunakan microwave adalah keramik atau kaca. Reaksi kimia yang ditimbulkannya tidak banyak. Makanan pun tidak akan tercemar dengan bahan-bahan berbahaya. Meski ada wadah plastik atau logam yang tahan panas, sebaiknya jangan pernah menggunakannya.

2. Hindari Penggunaan Wadah Plastik yang Sudah Tergores

Tips memanaskan makanan dengan microwave berikutnya adalah pilihlah wadah plastik berlabel microwave safe. Namun perlu diketahui, wadah plastik dengan label tersebut tidak sepenuhnya aman, apalagi jika wadah tersebut sudah tergores atau berubah warna. Meski menggunakan microwave terbaik sekalipun, bagian yang tergores sangat mungkin memaparkan bahan kimia berbahaya.

3. Panaskan Makanan Secukupnya

Tips memanaskan makanan berikutnya dengan microwave adalah panaskan secukupnya. Hal ini lantaran memanaskan makanan tidak sama dengan memasak makanan. Lagipula, microwave sebenarnya tidak didesain untuk masak. Jadi panaskan secukupnya. Jangan gunakan suhu yang terlalu tinggi. Ini dilakukan untuk mempertahankan nutrisi dalam makanan.

4. Buka Sedikit Tutup Makanan

Jika Anda memanaskan makanan kemasan, jangan lupa untuk membuka sedikit bagian penutupnya. Ini dilakukan agar uap dalam wadah bisa keluar. Tentu saja, selalu perhatikan saran penyajian sebelum mulai memanaskan makanan.  Memanaskan makanan menggunakan microwave memang tidak bisa sembarangan. Anda harus memahami batasan-batasannya. Menggunakan microwave terbaik jelas akan semakin memudahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya