SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai toilet umum. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah momen mengharuskan kita mau tak mau menggunakan fasilitas umum yang belum tentu bersih, karena itu ketahui bagaimana cara memakai toilet umum yang kotor. Mumpung Hari Toilet Sedunia yang diperingati setiap 19 November, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Tidak semua WC umum memiliki standar kebersihan yang baik. Beragam risiko kesehatan memang bisa muncul dari penggunaan toilet kotor. Misalnya, bakteri streptocococcus, staphylococcus, hepatitis A, hingga bakteri penyebab penyakit menular seksual.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, tak perlu khawatir berlebihan. Bila sistem pertahanan tubuh Anda baik dan rajin mencuci tangan yang benar, kecil kemungkinan jatuh sakit karena pajanan mikroorganisme tersebut. Akan tetapi, risiko selalu ada.

Baca Juga: Penyakit Menular yang Harus Diwaspadai di Musim Hujan

Untuk menghindarinya, berikut tips dan cara menggunakan toilet kotor dikutip dari klikdokter.com pada Sabtu (19/11/2022):

1. Pilihlah Toilet yang Paling Bersih

Saat ke kamar kecil, usahakan memilih bilik toilet yang terlihat paling bersih. Kebanyakan orang memilih untuk pergi ke kamar kecil yang paling jauh dari pintu masuk. Jadi, memeriksa toilet pertama bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Hal ini dapat dilakukan apabila toilet sedang sepi.

2. Hindari Meletakkan Barang Bawaan di Lantai Toilet

Jangan letakkan barang bawaan di lantai. Kuman dan kotoran dari sepatu akan berpindah ke barang Anda dan akhirnya dapat berpindah ke tangan.

Baca Juga: Warga Denpasar Geram Video Viral Turis Kencing di Lampu Merah

Gantunglah tas di gantungan yang tersedia bila ada. Apabila tidak ada, tetaplah sebisa mungkin memegang barang-barang Anda. Bila memungkinkan, titiplah pada keluarga atau teman sebelum pergi ke toilet umum.

3. Bila Memungkinkan Alasi Kursi Toilet Anda

Karena kursi toilet umum digunakan oleh banyak orang, gunakanlah pelindung toilet pada kursi toilet. Anda dapat menggunakan tisu atau pelindung kursi toilet yang sudah tersedia.

Pelindung kursi toilet ini digunakan hanya pada toilet duduk. Untuk toilet jongkok, Anda tidak perlu menggunakannya.

4. Siramlah dengan Cermat

Untuk alasan yang jelas, terdapat banyak kuman pada tombol siram di toilet duduk. Bungkuslah jari Anda dengan tissue toilet sebelum memencet tombol siram tersebut. Buanglah tisu di tempat sampah yang sudah tersedia.

Baca Juga: Mengenal Infeksi Saluran Kemih Seperti Diidap Kalina Ocktaranny

5. Cucilah Tangan dengan Menggunakan Air Hangat

Cucilah tangan Anda menggunakan air hangat karena air hangat akan mampu melawan kuman. Gunakan sabun bila tersedia. Cucilah tangan Anda minimal selama 20 detik.

6. Keringkan Tangan dengan Tisu Kering

Tips berikutnya memakai toilet umum yang kotor adalah jangan mengeringkan tangan dengan pengering tangan udara panas. Ingatlah bahwa kuman bertahan pada lingkungan udara yang lembap dan panas. Lebih baik gunakan tisu kering yang banyak disediakan di toilet. Berhati-hatilah dan pastikan Anda menggunakan tisu baru untuk tangan yang sudah bersih.

Baca Juga: Pengalaman Horor Naik Gunung Lawu: Pipis Sembarangan di Tempat Keramat

7. Jangan Menyentuh Kenop Pintu Tanpa Menggunakan Tisu

Kenop pintu juga merupakan permukaan yang banyak dipegang oleh orang sehingga merupakan tempat kuman berkembang biak. Oleh karena itu, sebelum meninggalkan kamar kecil, gunakan tisu bersih untuk memegang kenop pintu tersebut.

Setelah keluar, buanglah tisu tersebut ke dalam tempat sampah. Ingatlah, jangan membuang sampah sembarangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya