SOLOPOS.COM - Bullying - ilustrasi (guardianlv.com)

Tips media sosial kali ini tentang cara melawan cyber bullying.

Solopos.com, SOLOCyber bullying atau bully yang dilakukan di Internet memang cukup meresahkan banyak orang. Meski tindakan tersebut dilakukan tidak secara langsung di kehidupan nyata, dampak dari cyber bullying justru bisa lebih parah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Banyak jenis tindakan cyber bullying yang biasa dilakukan pem-bully di media sosial. Cara-cara tersebut bisa berupa ledekan yang dilontarkan pada kolom komentar akum medsos korban, hingga cara yang paling tidak etis, yaitu meretas akun medsos korban dengan konten yang tidak sesuai.

Tindakan ini tentu harus dilawan. Sebagai pemilik akun medsos, jangan biarkan cyber bullying mendarah daging dan merusak kehidupan penggunanya. Agar dapat hidup tenang baik dalam kehidupan nyata dan di Internet, berikut cara ampun melawan cyber bullying di media sosial sebagaimana dihimpun dari laman ConnectSafely, Senin (23/5/2016).

1. Jangan Respons

Anda tidak perlu merespons komentar yang bersifat intimidatif, yang mencaci, mengejek, menghina dan juga mencela. Bila Anda bereaksi, pelaku bullying akan puas dan akan terus-menerus melakukan hal ini.

2. Jangan Balas Dendam

Ibarat kalimat masuk kuping kiri, keluar kuping kanan, Anda tidak perlu membalas dendam atas tindakan yang Anda terima. Jika Anda membalas secara terang-terangan, pelaku bullying akan terus mencari sekutu pem-bully yang baru.

3. Simpan Bukti Bullying

Lebih baik bagi Anda untuk meng-capture bukti bullying yang dilakukan di media sosial Anda, baik itu berupa pesan, foto atau komentar agar bisa ditunjukkan ke pihak yang berwenang.

4. Laporkan ke Pihak Berwajib

Bila aksi cyber bullying terus berlangsung, kini saatnya Anda untuk melaporkan ke pihak berwajib. Seperti pengelola media sosial, guru, orang tua, kerabat dekat.

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga harus menjaga keamanan akun media sosial. Jangan tulis informasi personal Anda begitu detail di media sosial seperti alamat dan nomor ponsel.

Anda bahkan disarankan untuk selalu log out dan keluar dari semua akun Internet milik Anda agar menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hidup terlalu berharga untuk terus diratapi dalam kesedihan.

Jangan terlalu larut dalam komentar negatif yang dapat merusak hidup Anda. Maka yang harus dilakukan adalah stand up dan lawan siapapun yang menganggu Anda di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya