Tips Mahasiswa Tuntaskan Skripsi Saat Pandemi ala Wakil Rektor Unnes

Wakil Rektor Unnes membagikan tips kepada para mahasiswa yang ingin menuntaskan skripsi pada masa pandemi melalui media sosial Tiktok.

 Wakil Rektor Unnes, Dr. Hendi Pratama, M.A, saat menggelar talk show dengan Komunitas Sevima secara daring, beberapa waktu lalu. (Semarangpos.com-Sevima)

SOLOPOS.COM - Wakil Rektor Unnes, Dr. Hendi Pratama, M.A, saat menggelar talk show dengan Komunitas Sevima secara daring, beberapa waktu lalu. (Semarangpos.com-Sevima)

Solopospos.com, SEMARANG – Wakil Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Dr. Hendi Pratama, M.A, membagikan tips kepada para mahasiswa yang ingin menuntaskan skripsi pada masa pandemi. Tips itu bahkan ia bagikan melalui rekaman video di media sosial Tiktok dengan akun @hendi.motivasi.

Hendi mengaku video tersebut sengaja dibuat untuk membantu kegelisahan para mahasiswa karena tugas skripsinya belum tuntas. Video itu juga menjawab kegelisahan mahasiswa atas belum harmonisnya bimbingan skripsi dengan dosen selama masa pandemi. Terlebih pada masa pandemi, antara dosen dan mahasiswa tidak bisa bertatap muka.

Melalui video tersebut, Hendi menilai dosen bisa membantu mahasiswa untuk mengerjakan skripsi dengan cepat. Sehingga, akan menciptakan sebuah kolaborasi yang proaktif antara dosen dengan mahasiswa.

“Padahal orang Inggris bilang, it takes two to tango [berdansa harus dua orang]. Begitu Pula skripsi. Melalui video ini, saya ingin menyampaikan bahwa skripsi harusnya menjadi ruang kolaborasi, dosen dan mahasiswa sama-sama proaktif. Semoga pesan ini sampai kepada para pemirsa Tiktok yang kebanyakan juga para mahasiswa milenial,” ujar Hendi dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com dari Komunitas Sentra Vidya Utama (Sevima).

Baca juga: Berkat Bisnis Tahu Kekinian, Pemuda Purbalingga Jadi Sarjana Unnes

Berikut tips mengerjakan skripsi pada masa pandemi Covid-19 ala Wakil Rektor Unnes:

1. Pahami Bahwa Skripsi adalah Miniatur Kehidupan

Mengalami sebuah kesulitan merupakan suatu hal yang wajar. Melalui skripsi inilah, mahasiswa bisa belajar tentang makna sebuah kehidupan tersebut. Jadi kesulitan dan tantangan yang dialami mahasiswa saat skripsi itu nantinya juga akan dialami di kehidupan.

Misalnya saja ketika mahasiswa mendapat dosen pembimbing galak, maka bisa jadi waktu bekerja nanti kamu juga akan dapat atasan galak.

2. Jangan Depresi

Menurut Hendi, jangan depresi, kalau depresi skripsi nanti depresi hidup juga. Untuk itu saat mendapatkan sebuah kesulitan, maka tak seharusnya kamu depresi yang berkepanjangan. Jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan sebuah skripsi, maka tak seharusnya harus terus mengurung diri dan membuatnya menjadi depresi.

“Kalau mengalami sebuah kesulitan, jangan sampai kamu terus bersedih dan mengalami depresi. Jadikan skripsi ini sebagai proses pembelajaran dalam hidup,” terang Hendi.

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan Saat Isolasi Mandiri Covid-19, Jangan Sampai Terlewat!

3. Cari ilmu di lapangan

Tips selanjutnya adalah mencari referensi di lapangan. Dalam pembuatan skripsi, data lapangan sangat diperlukan untuk menambah akuratnya penelitian yang dibuat, untuk itu ambil data di lapangan, interaksi dengan orang yang lebih pengalaman.

“Mahasiswa harus ambil data di lapangan dan interaksi dengan orang yang lebih pengalaman. Jangan hanya teori, tapi praktikkan. Misal, belajar bahasa inggris bisa telepon call center di Amerika atau India. Nah disitu bisa langsung dipraktikan, tanpa perlu keluar rumah karena pandemi,” jelasnya.

4. Cari ilmu di internet

Menurut Hendi, semua sumber ada di internet namun harus disaring mana yang kredibel dan tidak. Di Unnes, sudah ada banyak literatur dalam Sistem Akademik Terpadu Unnes, atau yang disingkat Sikadu.

Sistem ini sudah terintegrasi dengan ProFeeder untuk melakukan pelaporan nilai ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) dan berisi banyak sekali literatur yang lebih dari cukup untuk para mahasiswa mengerjakan skripsi.

Baca juga: Beli Rumah di Usia 20-an, Begini Caranya!

5. Jadilah mahasiswa proaktif

Untuk mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa harus proaktif dalam menghubungi dosen. Namun, dosen sendiri juga harus proaktif dalam membantu mahasiswanya dalam mengerjakan skripsi.

Itulah tips mengerjakan skripsi dengan cepat ala Wakil Rektor Unnes. Semoga bermanfaat!

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Maia Estianty Punya Penyakit Rosacea, Apakah Itu?

Maia Estianty mengatakan karena punya penyakit Rosacea kulit wajahnya menjadi sangat sensitif terhadap perubahan cuaca.

Indonesia Capai Herd Immunity? Ini Penjelasannya

Herd immunity telah terbentuk karena program vaksinasi atau alami?

Seru! Ada Hujan Uang Saat Sedekah Bumi di Lamongan

Acara sebar uang saat perayaan sedekah bumi di Lamongan, Jawa Timur, menjadi viral di Instagram lantaran digelar saat pandemi.

Viral Santri Tutup Telinga Saat Ada Musik, Begini Tanggapan MUI

Sebuah video memperlihatkan para santri yang sedang mengikuti vaksinasi menutup telinga saat mendengarkan musik.

Viral Para Santri Tutup Telinga Enggan Dengar Musik, Kenapa?

Aksi para santri yang menutup telinga saat terdengar suara musik di ruang antrean vaksin Covid-19 menjadi perbincangan netizen di dunia maya.

Viral Ibu Bagikan Tutorial Baju Rapi Tanpa Setrika, Hasilnya?

Belum lama ini, seorang ibu rumah tangga membagikan tips agar baju tetap rapi meski tanpa harus setrika.

Selain Monstera, Ini Deretan Tanaman Hias dengan Harga Mahal Setara Mobil

Tak hanya Monstera King Variegata, masih ada jenis tanaman hias lainnya yang memiliki harga mahal setara mobil. Apa saja?

Bunda, Begini Cara Menghadirkan Tayangan Televisi Ramah Anak di Rumah

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga juga menilai tayangan stasiun televisi di Indonesia belum ramah anak.

Sebelum Memberikan Pupuk ke Monstera, Perhatikan Ini

Namun sama seperti tanaman lain, memberi pupuk kepada Monstera juga sebaiknya tidak asal-asalan.

Wow! Rutin Makan Sayuran Hijau, Fungsi Otak Meningkat

Studi yang dipublikasikan di Neurology ini menemukan bahwa makan satu porsi sayuran berdaun hijau sehari membantu menjaga daya ingat.

7 Jenis Minuman Ini Bisa Kontrol Kadar Kolesterol, Mau Coba?

Ada sejumlah cara untuk kontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, salah satunya lewat makanan atau minuman.

Daun Monstera Menguning? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Daun Monstera menguning tentu bagai mimpi buruk, terutama bagi Anda yang berniat menjadikannya sebagai koleksi.

Segera Lakukan Ini Jika Tak Ingin Perut Makin Buncit

PPKM jangan menjadi alasan untuk mager yang membuat perut semakin buncit.

Trik Hindari Sedentary Lifestyle Selama Pandemi

Jadi sebaiknya hindari sedentary lifestyle agar tubuh tetap sehat dan bugar meski hanya di rumah saja. 

Kebiasaan Makan Ini Berdampak Buruk terhadap Otak

Perhatikan kebiasaan makan Anda karena hal ini bisa berdampak terhadap otak.

Yuk, Rayakan Bulan Gemar Membaca dengan 5 Cara Seru Ini

Berdasarkan survei indeks kajian membaca tahun 2020 dari Perpusnas, indeks kegemaran membaca Indonesia terus meningkat.