SOLOPOS.COM - Ilustrasi (travellinginindonesia.com)

Tips liburan ini terkait kiat agar travelling lebih berkesan.

Solopos.com, SOLO – Tren travelling alias piknik di kalangan anak muda maupun orang dewasa semakin populer. Keberadaan media sosial yang mengakomodasi sharing foto-foto membuat aktivitas yang satu ini sangat diminati.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Agar kegiatan travelling tak kehilangan esensi, yuk intip beberapa kiatnya:

1. Buru Informasi Destinasi Sebanyak Mungkin

Bertualang tanpa panduan memang seru dan mendebarkan. Namun, tak ada salahnya berburu informasi sebanyak mungkin sebelum berangkat travelling. Buat destinasi wisata alam misalnya, pelajari tanaman yang boleh diinjak atau tidak boleh diinjak yang bakal Anda lalui untuk jalur trekking.

Saat memutuskan diving atau snorkeling di laut, gali informasi jenis karang yang haram diinjak atau binatang berbahaya yang mungkin bisa membuat agenda liburan berantakan. Pelajari berbagai hambatan yang mungkin ditemui selama perjalanan. Anda enggak ingin liburan berantakan gara-gara kaki tak sengaja menginjak bulu babi kan?

2. Siapkan Trash Bag

Apalah artinya perjalanan kalau ujung-ujungnya hanya bikin destinasi wisata kotor dan rusak. Meskipun sudah membayar retribusi atau uang kebersihan dan keamanan, tidak berarti Anda bisa membuat sampah sembarangan.

Beberapa tempat tujuan wisata, utamanya alam, juga tidak menyediakan tempat sampah buat pengunjung. Jadi, mending mulai membiasakan membawa trash bag atau menyiapkan tempat khusus buat menampung barang sisa yang telah dipergunakan.

Seperti bijak sejumlah traveller pecinta alam, “Apa yang kita bawa naik, harus kita bawa turun lagi”. Perilaku kecil ini punya kontribusi besar buat alam.

3. Jangan Sungkan Membuka Perbincangan

Buat Anda yang tinggal di kota besar, kelakuan sok kenal sok dekat (SKSD) kadang dipandang mengganggu dan aneh. Namun ini tidak berlaku kalau Anda sedang mengunjungi destinasi wisata, utamanya di daerah terpencil.

Tanpa perbincangan dan bertanya kepada warga lokal, informasi dan pengalaman yang kita dapatkan barangkali tidak jauh-jauh dari hasil browsing-an di internet. Pembicaraan ini juga melahirkan pengalaman dan jaringan pertemanan baru.

Siapa tahu dari obrolan ringan kita bisa dapat info tempat makan murah, makanan enak yang tidak mainstream, atau mendapatkan tempat menginap dengan harga terbaik dan view paling cantik.

4. Berfoto Seperlunya

Kalau niat travelling buat mencari suntikan semangat dan pengalaman baru, usahakan kegiatan berfoto bukan jadi yang utama. Foto memang jadi bukti otentik dan memoar kalau kita pernah menyambangi dan merasakan pengalaman di suatu tempat.

Namun jangan lupa, destinasi yang didatangi milik publik. Pengunjung lain juga ingin mendapatkan fasilitas yang sama. Yang perlu diingat, jangan sampai kegiatan mengabadikan gambar ini porsinya menyita sebagian besar waktu liburan.

Satu lagi yang wajib diingat, berburu foto terbaik juga jangan sampai melupakan keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya