SOLOPOS.COM - Laptop gaming Acer Predator (Liputan6.com)

Tips laptop kali ini mengulas langkah yang harus dilakukan apabila terkena air.

Solopos.com, SOLO — Saat bekerja di kantor, mungkin Anda menaruh gelas berisi air minum. Terkadang, entakan kecil bisa terjadi yang menyebabkan air dapat mengenai perangkat laptop.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dilansir Which.co.uk, Jumat (19/2/2016), berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan apabila laptop terkena air.

-Matikan Laptop

Hal pertama dan segera harus dilakukan adalah menyimpan dokumen pekerjaan, menutup aplikasi dan melakukan shut down pada laptop. Matikan seluruh aliran listrik yang tersambung dengan laptop.

-Balikan Laptop

Apabila air tumpah di atas permukaan laptop. Sebelum merembes masuk ke bagian mesin, maka yang perlu dilakukan adalah memutar laptop agar air jatuh keluar.

-Cabut Baterai

Cabut baterai dari laptop. Ini mencegah air mencapai unit baterai dan mencegah terjadinya arus pendek.

-Cabut Device Peripheral

Beberapa perangkat peripheral seperti USB dongle dan SD Card perlu segera dilepas dari laptop. Bagian fisik dari device ini juga perlu dikeringkan apabila terpapar air.

-Serap Lembab

Buka laptop, ambil serat handuk dan mulailah mengeringkan sebanyak cairan yang Anda bisa.

-Lepaskan Komponen

Komponen hard drive dan RAM bisa dilepas dari laptop. Untuk mencegah terjadi kerusakan pada hardware, sebaiknya Anda melepas perangkat tersebut.

-Keringkan Laptop

Tinggalkan laptop selama 48 jam di tempat kering dan biarkan udara masuk ke celah-celah perangkat tersebut secara alami. Anda juga bisa menaruh baterai laptop ke dalam wadah berisi beras untuk membantu menyerap lembab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya