SOLOPOS.COM - Telur ayam (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Tips kuliner kali ini tentang waktu ideal untuk merebus telur.

Solopos.com, SOLO — Merebus telur memang tidak sesulit mengolah steak atau membuat masakan lain yang membutuhkan teknik khusus. Tapi bila salah takaran waktu maka telur rebus justru tidak matang sesuai yang diinginkan.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Setiap telur membutuhkan waktu yang berbeda dalam perebusannya, banyak hal yang memengaruhinya baik dari ukuran telur maupun suhu telur saat direbus. Seperti dilansir Leaf dan dikutip Okezone, Senin (19/9/2016), telur membutuhkan waktu yang berbeda untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas.

Umumnya telur membutuhkan waktu sekitar 12 hingga 15 menit untuk membuatnya matang. Tempatkan telur dalam panci lalu isi air hingga telur tenggelam, masak telur selama 10 menit hingga air mendidih setelah mendidih, tutup panci dan diamkan selama beberapa menit.

Bila Anda tidak memiliki banyak waktu, tambahkan sedikit garam dalam air agar air lebih cepat mendidih. Ketika air sudah mendidih, kecilkan api dan terus memasak hingga beberapa menit sampai telur matang.

Waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur berkisar antara 11-13 menit. Waktu 11 menit digunakan untuk merebus telur ukuran sedang, sementara untuk telur ukuran jumbo bisa menghabiskan waktu 13 menit.

Bila suka telur yang lembut, Anda bisa mendiamkan telur dalam air mendidih selama lima menit dan enam menit untuk telur ukuran jumbo. Setelah telur selesai direbus, telur harus segera dipindahkan dalam air dingin dan didiamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dikupas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya