Tutup Iklan

TIPS KULINER : Ingin Mi Instan Lebih Sehat? Begini Cara Mengolahnya

 Ilustrasi mi instan (NDTV Food)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mi instan (NDTV Food)

Tips kuliner ini tentang cara mengolah mi instan agar lebih sehat.

Solopos.com, SOLO — Mi instan merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Makanan cepat saji yang satu ini biasa dikonsumsi untuk pengganjal perut yang lapar. Selain mengenyangkan, mengonsumsi mi instan juga bisa membuat Anda bahagia.

Sayangnya, berbagai penelitian menyebut mi instan tak terlalu bagus sebagai diet, karena kandungan karbohidrat dan lemaknya yang tinggi. Meski tidak dianjurkan untuk makan mi instan setiap hari, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya.

Anda bisa mengolah mi instan dengan cara yang sehat agar aman dikonsumsi. Mau tahu caranya? Temukan jawabannya dari ulasan yang dihimpun Solopos.com dari The Health Site, Jumat (22/12/2017), di bawah ini:

Buang air rebusan

Makan mi instan yang berkuah pedas di kala hujan memang sangat nikmat. Tapi, jika ingin mi yang masuk ke perut aman, maka buanglah air rebusannya. Bahan pengawet dan pewarna telah larut dalam air rebusan mi yang berwarna keruh itu. Sebaiknya gantilah air yang hendak dipakai untuk kuah mi. Namun risikonya, sebagian kandungan gizi dalam mi juga ikut terbuang bersama air rebusan.

Tambahkan telur

Menambahkan telur akan membuat kuah mi instan lebih lezat. Selain menambah rasa, kandungan protein dalam telur juga sangat baik untuk tubuh. Tapi, jangan pernah memasak mi dan telur dalam panci yang sama. Sebaiknya, rebus mi dalam satu panci dan buang airnya setelah matang. Selanjutnya, rebus telur dalam air secukupnya yang akan dicampurkan ke dalam mi.

Tambahkan sayuran

Menambahkan sayuran jelas akan membuat mi instan lebih sehat. Anda bisa menambahkan sayuran seperti sawi, wortel, kubis, kembang kol, atau brokoli. Rebus mi sampai setengah matang, lalu ganti airnya. Lanjutkan dengan memasukkan sayuran segar dan masak sampai air mendidih. Serat dalam sayuran akan tetap terjaga jika dimasak dalam waktu yang singkat.

Kurangi bumbu

Bumbu mi instan mengandung berbagai bahan yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Anda juga bisa mengurangi bumbu mi instan. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan bawang goreng agar rasanya lebih nikmat. Ingat, jangan pernah mencampur mi instan dengan bumbunya saat dimasak. Bubuhkan bumbu setelah mi siap dihidangkan.

Cara ini juga berlaku bagi Anda yang gemar menyantap mi dalam cup. Tambahkan air panas dan tutup kemasan. Biarkan mi matang lalu buang airnya. Setelah itu, tambahkan air panas yang baru dan masukkan bumbu.


Berita Terkait

Berita Terkini

Pengemudi Mercy Tabrakan di Tol JORR Jadi Tersangka, Gimana Nasibnya?

Polisi menetapkan pengemudi Mercy, MDS, 66, sebagai tersangka kasus kecelakaan beruntun di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cakung.

Harga Minyak Goreng Naik Terus Sampai 2022, Ini Sebabnya Bund

Harga minyak goreng diprediksi akan terus naik hingga 2022 karena berbagai faktor.

Dilamar Sang Kekasih, Awkarin Pamer Cincin

Setelah dilamar kekasih, Awkarin pun pamer foto yang memperlihatkan jari-jarinya telah dihiasi cincin.

Miris! Warga di Bali Ini Tarik Air Danau Demi Bisa Minum & MCK

Sejumlah warga desa di Pulau Dewata Bali mengalami krisis air bersih selama bertahun-tahun.

Alumni ISI Solo Gelar Konser Karawitan di Taman Budaya Jawa Tengah

rangkian acara Pameran Seni Rupa dan Pertunjukan Alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Solo

3 Pemuda Boyolali Hendak Basmi Klitih Bak Hero, Malah Begini Nasibnya

Sebanyak 3 pemuda Boyolali, Jateng, yakni AA, 18, MAT, 18, dan AAT, 19, ditangkap polisi karena nekat membawa sajam, tetapi mereka mengaku akan menggunakan sajam untuk membasmi klitih.

Ikatan Cinta 30 November 2021: Andin Gak Boleh Dekat Reyna, Al Gimana?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 30 November 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Mahasiswa Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Solo Kunjungi Griya Solopos

Sejumlah mahasiswa Prodi S1 Akuntansi dan Bahasa Inggris, Fakultas Hukum dan Bisnis, Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo berkunjung ke Griya Solopos, Kamis (25/11/2021).

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Tanggul Sungai Dawe Jebol, Rumah dan Jalan di Kudus Terendam Banjir

Tanggul jebol sepanjang 15 meter dan tinggi sekitar satu meter akibat intensitas hujan yang tinggi

Kerajaan Mataram Islam di Balik Asale Tanah Jawa

Kerajaan Mataram Islam memiliki  peninggalan bersejarah yang menjadi bagian dari kisah tanah Jawa yang tidak terlupakan.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.