SOLOPOS.COM - Ilustrasi (health32.com)

Tips komputer kali ini tentang cara mengenali dan merawat monitor.

Solopos.com, SOLO — Komputer merupakan alat elektronik yang sebagian besar dimiliki oleh Anda. Barang elektronik tersebut dibeli untuk penggunaan jangka panjang. Oleh karena itu, Anda juga harus merawatnya dengan baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Secara mendasar, monitor komputer dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah model lama seperti televisi zaman dulu, dan kedua adalah yang terbaru dengan model datar. Mengutip laman 180techtips, Senin (21/3/2016), berikut penjelasan mengenai layar komputer Anda dan cara merawatnya.

Tipe Layar Monitor

1. Monitor CRT

Cathode Ray Tube (CRT) memiliki bentuk mirip dengan televisi zaman dulu. Model monitor CRT memancarkan elektron ke layar berpendar untuk menghasilkan gambar. CRT Sering digunakan sebagai istilah umum untuk monitor komputer.

Monitor CRT terkadang digambarkan oleh pengiklan sebagai flat screen monitor. Namun, bukan berarti layar datar tersebut dinamakan CRT. Untuk kebanyakan monitor, bagian CRT telah dihapus dan tidak lagi dijual pada komputer jenis baru.

2. Monitor Flat Panel

Monitor dengan model datar ini merupakan evolusi terbaru yang dimiliki komputer. Ada banyak perkembangan teknologi menakjubkan sepanjang waktu, tetapi ide dasarnya hampir sama. Tidak hanya untuk komputer, tetapi monitor bermodel datar ini juga digunakan pada televisi.

Perawatan Monitor Anda

1. Hindari Makan dan Minum

Jangan makan maupun minum di depan komputer Anda. Monitor bereaksi dengan cepat terhadap cairan atau remah-remah makanan. Hal ini bisa menyebabkan layar Anda cepat rusak.

3. Jangan Menekan Layar

Jangan menekan layar apalagi layar komputer Anda bermodel flat panel. Layar komputer tidak terbuat dari kaca, melainkan plastik dan Anda bisa merusaknya.

Pada model CRT, mungkin Anda tidak akan merusak layar yang terbuat dari kaca tersebut, namun tangan Anda akan meninggalkan bekas noda yang menyebalkan.

3. Jauhkan Magnet dari Monitor

Bukan rahasia lagi bila magnet akan merusak barang-barang elektronik. Sebaiknya jauhkan bentuk magnet dari semua barang elektronik Anda.

4. Gunakan Tisu

Apabila layar Anda kotor, bersihkanlah menggunakan permukaan yang lembut, seperti handuk atau tisu. Jangan gunakan pembersih atau cairan yang basah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya