SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan perumahan (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Tips keuangan bagi Anda yang ingin mengajukan KPR.

Solopos.com, JAKARTA — Beragam jenis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang ditawarkan bank menawarkan beragam fasilitas. Dari mulai, uang muka ringan hingga besaran nilai kredit. Produk KPR termasuk dalam tipe kredit jangka panjang, yaitu pelunasannya dilakukan dalam setidaknya 15 tahun. Oleh karenanya KPR memerlukan komitmen jangka panjang dan persiapan yang matang.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Dalam keterangan tertulisnya sebagaimana dikutip Okezone, Minggu (26/7/2015),  Head of Retail Banking Service Commonwealth Bank, Anwar Zaenudin, mengatakan banyak hal yang harus dicermati sebelum mengajukan KPR. Persiapan perlu dilakukan sehingga anda memiliki perencanaan yang tepat dan sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Dia menjelaskan, ketika Anda berencana mengajukan KPR, langkah awal yang dilakukan adalah melakukan survei terhadap harga pasaran rumah dan membandingkannya dengan kemampuan finansial jangka panjang anda.

Anwar Zaenudin mengatakan, sebaiknya kemampuan finansial dijadikan faktor pertimbangan utama untuk menentukan pilihan rumah yang akan dibeli.

“Besar atau kecil, lokasi di pusat atau pinggir kota, rumah baru atau bekas, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih rumah, dan pilihan rumah ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda,” sebutnya.

Dengan memperoleh gambaran tentang harga pasaran rumah yang tepat, imbuhnya, anda bisa mulai melakukan survei terhadap fasilitas yang tawarkan oleh para penyedia produk KPR yang ada. Dengan demikian anda dapat mengetahui besar dana yang perlu dipersiapkan untuk mengakses fasilitas KPR, yang terdiri dari uang muka dan cicilan serta bunga.

Dalam memilih produk KPR yang tepat sebaiknya anda mencermati beberapa hal, antara lain reputasi institusi penyedia KPR, fasilitas suku bunga, manfaat-manfaat layanan dan bantuan yang ditawarkan ketika KPR berjalan. “Misalnya ada atau tidaknya penalti jika dilakukan pelunasan lebih awal, biaya administrasi dan lainnya,” katanya.

Hal yang tak kalah penting sebelum mengajukan KPR, adalah kesiapan dana dan komitmen anda. Pasalnya masa tenor umumnya berlangsung belasan hingga puluhan tahun. “Anda perlu menyiapkan uang muka yang umumnya sebesar 20-30 persen dari harga rumah dan sisanya dicicil selama masa tenor,” sebutnya.

“Dana yang dibutuhkan tidak sedikit, persiapan dana sebelum mengajukan KPR perlu direncanakan jauh sebelumnya, bisa dengan menabung atau memulai investasi,” tambahnya.

Menurutnya, pilihan untuk berinvestasi bertujuan untuk melipatgandakan dana untuk mencapai target finansial seperti persiapan dana untuk uang muka KPR. investasi jangka pendek dan berisiko minimal dapat menjadi solusi untuk mengumpulkan dana untuk mengajukan KPR,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya