SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi: Persiapkan pengeluaran saat Lebaran sejak dini agar keuangan keluarga tetap sehat. (dailyinspire.com)

Agar keuangan tetap sehat saat Lebaran,sebaiknya persiapkan anggaran sejak awal.

Solopos.com, SOLO — Pada saat Lebaran biasanya para ibu dipusingkan dengan pengeluaran yang membengkak. Bahkan tidak sedikit para ibu merasa tunjangan hari raya (THR) hanya numpang lewat. Nah bagaimana menyiasati agar keuangan keluarga tetap sehat saat Lebaran tiba?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Independent Financial Planner asal Colomadu, Karanganyar, Dian E. Roesmiedi mengatakan, untuk menyiasati biaya Lebaran, para ibu hendaknya mulai memperkirakan biaya Lebaran tahun setahun sebelumnya.

“Kita susun biaya-biaya apa saja yang telah kita keluarkan Lebaran tahun ini untuk perkiraan biaya Lebaran tahun depan,” kata dia kepada Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, pertimbangkan juga sumber dana yang bisa dialokasikan untuk menutup kebutuhan Lebaran. Uang tunjangan hari raya (THR) adalah salah satu sumber dana yang bisa dialokasikan untuk biaya Lebaran.

Namun pastikan jumlahnya dapat mencukupi kebutuhan Lebaran Anda serta waktu penerimaan yang dapat menjangkau kebutuhan belanja Anda. Jika perlu, siapkan sumber dana lain, misalnya tabungan. Berikut biaya yang sering muncul saat hari raya dan tips memenuhinya.

1. Biaya perjalanan.
Meliputi tiket antarkota dan biaya perjalanan dalam kota. Harga tiket perjalanan bisa mencapai dua atau tiga kali lipat dari harga normal jika dipesan mendekati Lebaran. Tips: pesan tiket dua atau tiga bulan sebelum Lebaran atau manfaatkan program mudik bersama.

2. THR bagi asisten rumah tangga (ART).
ART di rumah Anda juga berhak atas THR. Tips: setiap bulan sisihkan 10% gaji ART untuk THR tahun berikutnya.

3. Baju baru.
Ini bisa dipenuhi jauh-jauh hari sebelum Lebaran tiba. Tips: persiapkan baju baru dua bulan sebelum Ramadan dengan mengalokasikan gaji jika dirasa perlu.

4. Hidangan Lebaran
Pastikan hidangan lebaran cukup dan tidak berlebihan tersedia di rumah Anda. Tips: manfaatkan bingkisan yang mungkin Anda terima dari kantor atau kolega, hitung jumlah tamu yang akan datang ke rumah Anda dan sesuaikan menunya.

5. Bingkisan Lebaran
Lumrah rasanya berbagi di hari kemenangan. Bingkisan sederhana dan berkesan bisa jadi perekat suasana. Tips: kemas bingkisan sesuai kemampuan Anda dengan ornamen unik dan berkesan bagi penerima. Amplop uang berkarakter bagi keponakan juga bisa jadi perekat silaturahmi. THR Anda bisa ditukar dengan uang baru dan dikemas dengan amplop karakter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya