Tutup Iklan

TIPS KEUANGAN : Anda Ingin Berinvestasi? Pastikan 2 L Ini...

TIPS KEUANGAN : Anda Ingin Berinvestasi? Pastikan 2 L Ini...

SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Tips keuangan ini tentang cara aman berinvestasi.

Solopos.com, SURABAYA -- Banyak cara investasi yang dapat dilakukan semua orang, baik investasi riil maupun non riil.

Investasi riil misalnya investasi yang terlihat nyata seperti membeli properti rumah/apartemen, dengan harapan ke depan harga propertinya naik dari harga beli awalnya. Begitu juga dengan investasi emas yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Investasi tidak hanya berwujud properti dan emas, tetapi juga berupa jasa, maupun pasar uang, reksadana, saham, valuta asing, sampai komoditi berjangka.

Namun, sebelum melakukan investasi setidaknya kita harus tahu 2 hal yang paling mendasar yakni 2 L (Legalitas dan Logika).

Legalitas:
Paling sederhana, sebuah perusahaan investasi seharusnya memiliki legalitas. Calon investor sebaiknya melakukan pengecekan legalitas dan izin-izin usahanya melalui instansi terkait misalnya komoditi berjangka dapat dicek melalui website milik Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), atau untuk investasi lain dapat dicek melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek dengan seksama apakah perusahaan tersebut terdaftar dalam lembaga resmi yang ada.

Saat ini Bappebti bersama OJK, kepolisian, kejaksaan, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Bank Indonesia, PPATK membentuk satuan tugas (Satgas) Waspada Investasi untuk menjaring investasi bodong, maupun memblokir situs internet pialang ilegal dan pialang lokal.

Logika:
Secara logis, jika ada investasi yang menawarkan hasil atau pengembalian uang yang sangat besar, dapat diduga investasi tersebut merupakan investasi bodong.

Berkaca pada kasus investasi jasa umrah oleh First Travel yang menyita perhatian publik, berdasarkan tarif terendah yang ditetapkan Kementerian Agama, biaya umrah rata-rata mencapai Rp22 jutaan, tetapi travel tersebut menawarkan biaya hanya Rp14 jutaan sehingga menarik calon jemaah umrah.

Chief Business Officer PT Rifan Financindo Berjangka (RFB), Teddy Prasetya, baru-baru ini, mengatakan kejahatan investasi ilegal masih tetap banyak dengan modus operandi yang semakin canggih dan bervariasi.

Tingginya transaksi ilegal di Indonesia, katanya, memperlihatkan masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum mengenal investasi dengan baik dan benar.

"Seharusnya kasus-kasus yang pernah terjadi itu bisa menjadi contoh dan pelajaran bagi masyarakat untuk benar-benar memperhatikan tawaran investasi secara logis dan jangan tergiur dengan hasil yang besar dalam waktu cepat. Bahkan untuk investasi umrah itu saja, dengan biaya Rp14 juta seharusnya tidak cukup untuk beli tiket pesawatnya," ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Pantai Samas Bantul, Ini Ciri-Cirinya

Mayat seorang pria paruh baya ditemukan di pinggir Pantai Samas Bantul. Belum diketahui identitas mayat tersebut.

Copa America: Pertahanan Kokoh, Venezuela Tahan Imbang Kolombia 0-0

Kolombia harus berbagi satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania.

Proklim, Cara Pemkot Magelang Dukung Jateng Gayeng Telung Ng

Program Jateng Gayeng Telung Ng jadi perhatian Pemkot Magelang dengan gerakan Program Kampung Iklim (Proklim).

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

Gunung Merapi Pagi Ini: 2 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dan Lava Pijar sejauh 1,4 Km

Gunung Merapi pagi ini terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran. Status erapi belum berubah, masih Siaga.

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.