SOLOPOS.COM - Ilustrasi remaja menabung (sheknows.com)

Tips keuangan mengatakan sejak remaja, orang harus mulai mengatur keuangannya.

Solopos.com, SOLO – Sebagai seorng remaja pastilah juga akan hidup layaknya orang dewasa yang memerlukan banyak tuntutan dan keperluan. Hal ini menjadi isu tersendiri karena sekolah tidak mengajari cara mengatur keuangan pribadi muridnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com, Selasa (11/8/2015) dari laman Investopedia.com, pengelolaan keuangan harus dilakukan sedini mungkin. Semakin dini seseorang mendapatkan pengetahuan untuk mengelola keuangan, maka akan semakin pintar juga ia mengelola keuangan dalam kehidupannya.

Berikut adalah 5 tips mengelola keuangan untuk remaja:

Belajar Menahan Diri
Menahan diri untuk membelanjakan uang saku bulanan merupakan langkan awal untuk mengatur keuangan. Tahan diri Anda membelanjakan uang untuk hal yang tidak terlalu penting. Jika Anda ingin membeli barang, maka simpanlah uang sedikit demi sedikit untuk membelinya.

Catat Pengeluaran
Sangat penting untuk mengetahui aliran uang keluar. Hal ini dilakukan agar pengeluaran Anda tidak melampaui batas limit. Mencatat setiap pengeluaran dan menganggarkan uang dengan teliti sangat dianjurkan.

Buatlah Tabungan Darurat
Sisakan uang saku Anda untuk membuat tabungan darurat. Memiliki tabungan darurat akan sangat membantu ketika Anda mengalami masalah keuangan nantinya.

Belajar Soal Pajak
Perhatikan persoalan pajak sebelum Anda menerima gaji pertama. Hal ini akan membantu Anda untuk menghitung gaji bersih atau pemasukan bersih yang akan Anda miliki.

Jaga Keuangan Anda
Jangan sampai uang Anda habis sesaat setelah mendapatkan uang bulanan. Sisihkan atau bahkan investasikan uang Anda untuk menghindari kesusahan finansial ke depannya. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya