SOLOPOS.COM - Ilustrasi buku rekening tabungan (Lintasjari.com)

Tips keuangan kali ini mengulas soal cara menjadi pribadi yang bahagia.

Solopos.com, SOLO — Menghabiskan uang tidak melulu menjadi sesuatu yang membuat sedih karena tabungan berkurang. Justru sebaliknya, menghabiskan uang dengan tepat bisa mendatangkan kebahagiaan.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Dikutip Solopos.com dari Allure, Selasa (10/11/2015), ada dua cara menghabiskan uang yang bisa membuat Anda bahagia. Dua cara itu adalah dengan menjadi sosok murah hati dan suka bertualang.

1. Bermurah Hati
Menurut seorang profesor psikologi dan perilaku ekonomi di Duke University, Ariely, menjadi pribadi yang murah hati bisa menimbulkan perasaan bahagia dalam hidup.

Contoh kecil sikap murah hati ini adalah mentraktir teman. “Membeli capuccino untuk teman bisa membuat Anda lebih bahagia daripada membeli untuk diri Anda sendiri,” kata Ariely.

“Ini mengubah cara berpikir Anda tentang diri sendiri dan cara orang lain berinterkasi dengan Anda. Semua hal ini membuat efek kebahagiaan tahan lama,” jelas Ariely lagi.

Sifat bermurah hati ini menghindarkan Anda dari sikap serakah dan pelit yang cenderung membuat orang-orang di sekitar Anda tidak nyaman. Ketika tak ada orang yang tampaknya akrab, Anda akan merasa kesepian dan akhirnya merasa sedih.

2. Bertualang
Seseorang yang berjiwa petualang lebih mudah mendapatkan kebahagiaan. Pengeluaran untuk bisa melakukan trip petualangan bukan sesuatu yang membebani hidup.

Pasalnya, traveling yang dilakukan bisa memberi pengalaman baru. Pengalaman baru inilah yang lebih berharga daripada uang.

“Pengalaman memiliki tiga komponen yang membawa kebahagiaan Anda, yaitu antisipasi, pengalaman itu sendiri, dan kenangan,” kata Ariely.

“Pengalaman yang tidak biasa memberi Anda lebih banyak kebahagiaan karena Anda bisa mengenang hal tersebut,” ujar Ariely.

Perlu Anda catat, untuk mentraktir orang lain dan melakukan perjalanan, Anda harus memperhatikan anggaran yang Anda miliki. Sesuaikan pengeluaran dengan anggaran yang Anda miliki, sehingga tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya