SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur setelah makan sahur. (care2.com)

Solopos.com, SOLO – Puasa Ramadhan terbukti menjadikan badan lebih sehat jika dilakukan dengan cara yang benar. Tapi, makan berlebihan dan melakukan beberapa kegiatan salah justru akan berdampak sebaliknya.

Agar tetap merasa fit saat melakukan ibadah puasa ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang tak dianjurkan dilakukan saat makan sahur. Berikut ulasan sebagaimana dikutip Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (14/7/2014) :

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Minum Teh
Teh memang menjadi minuman favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia menemani makan sahur. Tapi, kandungan asam dalam teh akan mengganggu pencernaan yang akhirnya meninmbulkan rasa tak nyaman di perut.

Mandi
Sebagian orang memilih langsung mandi sesaat setelah santap sahur dan melanjutkan aktivitasnya. Tapi mandi setelah makan sahur sebenarnya tidaklah dianjurkan. Mandi setelah makan dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit sehingga sistem pencernaan menjadi kurang efektif.

Tidur
Merasa tak cukup tidur di malam hari membuat banyak orang kembali melanjutkan tidur setelah sempat tertunda. Tapi, saat tidur pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karenanya, perut menjadi mudah terganggu dan infeksi pada sistem pencernaan. Berat badan Anda akan mudah naik, bahkan kanker usus besar juga mengintai Anda.

Makan Buah
Buah sering dipillih sebagai makanan pencuci mulut saat sahur karena dipercaya mampu menghilangkan aroma dan sisa-sisa makanan yang ada di rongga perut. Tapi ternyata buah-buahan yang dikonsumsi sesaat setelah makan dapat menyebabkan perut kembung sehingga menimbulkan rasa tak nyaman di perut.

Makan Pedas
Saat sahur sebaiknya hindari makan makanan berlemak dan pedas. Makanan pedas dan berminyak hanya akan membuat Anda lebih cepat haus dan sakit perut yang justru akan mengganggu puasa Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya