SOLOPOS.COM - Ilustrasi ayam goreng (Mirror)

Solopos.com, SOLO – Kolesterol jahat memang menjadi sebuah ancaman terbesar bagi sebagian manusia yang hidup di era modern. Makanan siap saji yang lezat dengan berbagai pilihan yang menggiurkan seakan selalu menjadi santapan yang sayang untuk dilewatkan.

Tapi di balik kelezatan makanan junk food tersebut bahaya kesehatan pun mengintai. Kandungan kolesterol tinggi dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti jantung dan stroke. Ada baiknya Anda mengetahui beberapa makanan yang mengadung kolesterol tinggi yang patut Anda waspadai. Dikutip Healthmeup, Rabu (16/7/2014), berikut ulasannya:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Udang
Dalam 100 gram udang, berisi 195mg kolesterol. Seekor berukuran udang besar mengandung 11mg dan satu ons udang terdapat sekitar 55mg kolesterol. Makanan laut memang baik untuk Anda, tapi ada baiknya Anda tetap membatasi jumlah asupan makanan tersebut. Makanlah seafood dengan cara direbus atau digoreng dalam sekali goreng.

Ekspedisi Mudik 2024

Ayam
Meskipun ayam adalah pilihan daging rendah lemak, tapi cara masak dapat mempengaruhi kandungan lemaknya. Satu paha ayam dengan kulit memiliki lebih banyak kandungan lemak dan kolesterol dari secangkir es krim atau burger. Kandungan terbesar kolesterol dan lemak terdapat pada kulit ayam. Sebaiknya hindari mengonsumsi kulit ayam goreng.

Makanan Cepat Saji
Lemak trans seringkali ada di semua makanan ringan dan makanan cepat saji sehingga menjadikan makanan tersebut tinggi kandungan kolesterol. Lemak trans merupakan hasil dari menambahkan hidrogen ke minyak nabati yang kemudian digunakan untuk memanggang makanan komersial atau menggoreng makanan ringan seperti kentang goreng dan keripik kentang.

Daging Olahan
Jumlah kolesterol dalam daging olahan tergantung pada cara pemotongan dan jumlah lemak ditambahkan selama proses pengolahan. Dalam daging olahan, domba dan itik menjadi daging yang paling tinggi akan kandungan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya