SOLOPOS.COM - Ilustrasi kulit kudisan (Healthdoyen.com)

Tips kesehatan lima tanda penyakit dilihat dari kulit.

Solopos.com, SOLO — Kulit merupakan indra peraba yang perlu Anda jaga kesehatannya. Menurut ahli, perubahan tertentu pada kulit ternyata dapat menunjukkan kecenderungan seseorang terhadap suatu penyakit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Day, perubahan pada kulit dapat diasosiasikan dengan gangguan kesehatan tubuh. Berikut ini adalah lima perubahan kulit yang berpengaruh pada kesehatan, dikutip dari Livescience pada Sabtu (19/3/2016).

1. Ruam Kulit
Secara umum, ruam kulit akan dibarengi dengan gejala lainnya seperti demam, nyeri sendi dan nyeri otot. Jika gejala tersebut muncul maka diperkirakan terdapat suatu infeksi pada tubuh.

2. Warna Kulit Tidak Merata
Kulit belang dapat disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu. Menurut penelitian di American Academy of Dermatology (AAD), kulit belang juga dapat datang karena efek samping obat tertentu.

Kulit kemerahan di belakang leher atau sekitar pundak menandakan pasien memiliki risiko terkena diabetes. Sementara itu, sebuah klinik menyatakan bahwa kulit dengan sedikit warna merah merupakan indikasi penyakit kanker hati.

Sementara itu, kulit warna keunguan pada bagian bawah leher yang tidak disebabkan oleh pengobatan tertentu menunjukkan bahwa pasien mungkin terinfeksi hepatitis C.

3. Perubahan Warna Kulit
Pada penderita diabetes, warna kulit berubah menjadi perak merupakan ciri kekurangan zat besi. Pada orang normal lainnya, perubahan warna kulit menjadi kuning merupakan tanda seseorang terancam penyakit liver. Sementara perubahan kulit menjadi lebih gelap menandakan adanya ganguan hormonal.

4. Benjolan Pada Kulit
Menurut penelitian di AAD, benjolan pada kulit menandakan penyakit kanker, kelainan genetik serta penyakit dalam lainnya.

Sebagai contoh, penyakit eruptive exanthemas ditandai dengan adanya benjolan kuning pada bahu, kaki hingga pantat. Penyakit ini menandakan gejala diabetes yang tidak dapat dikendalikan.

Persebaran jerawat pada wajah juga menandai keluhan tertentu. Jerawat yang tumbuh pada rahang bawah menandai adanya penyakit polycystic ovarian syndrome.

5. Perubahan Tekstur Kulit
Tekanan darah tinggi serta penyakit ginjal dapat menyebabkan kulit menjadi tebal. Sementara itu, kulit yang sangat kering dan gatal merupakan tanda adanya masalah hormonal, seperti rendahnya tiroid pada tubuh.

Seorang dengan kulit keriput serta lembut memiliki kecenderungan untuk mengidap cutis laxa. Menurut AAD, penyakit ini memiliki hubungan erat dengan kanker darah seperti lymphoma. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya