SOLOPOS.COM - Ilustrasi duduk terlalu lama di meja kerja (Active.com)

Tips kesehatan ini terkait 4 kebiasaan yang membuat kekebalan tubuh menurun.

Solopos.com, MAKASSAR – Risiko terserang beragam penyakit akan meningkat jika sistem kekebalan tubuh kita turun. Tak hanya makan makan bergizi, rajin berolahraga dan cukup istirahat pun dibutuhkan supaya sistem imunitas terjaga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, Danang Ardiyanto, mengatakan ada dasarnya tubuh memiliki sistem kekebalan alamiah.

“Namun, dengan gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang tidak seimbang, sering menyebabkan sistem kekebalan alami tubuh menjadi menurun,” kata Danang dalam rilisnya, Minggu (10/5/2015).

Dia mengungkapkan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun:

1. Udara di Sekitar Berpolusi.
Tinggal di lingkungan yang dikelilingi oleh udara yang terkontaminasi zat berbahaya, dapat mengganggu kesehatan Anda.

2. Terlalu Lama Duduk.
Menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk di kursi, dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh. Rendahnya metabolisme, menyebabkan tubuh jadi lemah dalam menyerap nutrisi yang penting bagi sistem imun.

3. Tidur Tidak Menjadi Prioritas.
Ketika Anda kurang tidur dan beristirahat, tubuh pun tidak akan memproduksi melatonin yang cukup. Akibatnya, sistem imun tubuh tidak dapat pmemproduksi sel darah putih yang dapat melawan bakteri jahat dan memperbaiki kerusakan dalam sel-sel tubuh.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Protein.
Kelebihan protein dalam tubuh, khususnya protein hewani, dapat memproduksi hormon IGF1 lebih banyak dari jumlah yang seharusnya. Hormon ini merupakan hormon yang mempercepat penuaan di tubuh, sekaligus sedikit demi sedikit mengurangi ketahanan sistem imun.

Menurut Danang, jika seseorang mengalami gejala seperti mudah terserang virus dan flu, proses pemulihan diri yang lambat, rasa lelah terus menerus meski cukup beristirahat, mata berair, serta merasakan nyeri otot konstan, itu adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang mengalami penurunan.

Dia mengungkapkan, banyak cara yang dapat diambil untuk terus menjaga kualitas sistem kekebalan tubuh agar tetap prima. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan yang disediakan alam sebagai immunomodulator atau mengoptimalkan daya kerja sistem imun, seperti:

1. Jamur karena berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu dan hawa dingin.

2. Bawang Putih yang kaya akan zat antiviral dan antibakteri.

3. Sayuran berwarna cerah yang mengandung beta carotene untuk membantu sistem kekebalan tubuh manusia.

4. Kacang tanah karena kaya akan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan, seperti omega 3, vitamin E dan zink.

5. Strawberry dan blueberry dengan kandungan vitamin C dan bioflavonoid.

6. Daging Ikan.

7. Cokelat dan Yogurt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya