SOLOPOS.COM - Ilustrasi menurunkan berat Badan (magforwomen.com)

Tips kesehatan kali ini menghadirkan cara-cara agar berat badan tidak naik usai berlebaran.

Solopos.com, SOLO – Seusai bulan ramadan, wajar saja bila nafsu makan meningkat. Ditambah lagi banyaknya acara silahturahmi atau kumpul-kumpul keluarga yang menuntut kita untuk banyak mencicipi hidangan. Ada pula cemilan khas lebaran yang sayang dilewatkan karena hanya ada setahun sekali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Alhasil tubuh pun menggemuk setelah mungkin sebelum sedikit mengurus karena sebulan berpuasa. Untuk menghindarinya ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan. Berikut tipsnya:

Porsi
Banyak makanan enak jangan membuat Anda sampai kalap. Jika berencana kunjungi banyak rumah saudara dan kerabat, atur porsinya agar tak jadi kekenyangan. Tahan pula keinginan untuk nambah jika ingin benar-benar ingin jaga berat badan.

Tanpa Kulit dan Jeroan
Opor ayam pasti sering Anda santap ketika lebaran. Jika tak mau menambah timbunan lemak, hindari mengkonsumsi bagian kulitnya. Agar kolesterol juga terjaga hindari pula makan jeroan dan daging kambing.

Cemilan
Kue-kue lebaran adalah salah satu penyebab berat badan malah bertambah selepas bulan ramadan. Apalagi kehadirannya yang hanya sebulan sekali membuat cemilan ini rasanya sayang untuk dibatasi konsumsinya. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengurangi makanan berat setelah banyak menyantap cemilan atau santaplah sesekali sebagai pengganjal di kala lapar.

Tidak Terlalu Pedas
Selain bisa buat kondisi pencernaan terganggu, makanan pedas juga bisa bikin gemuk. Untuk mereka yang hobi makan pedas, hidangan atau cemilan pedas pasti membuat ketagihan dan ingin terus nambah. Sebaiknya, tahan keinginan untuk menyantap makanan pedas favorit ketika diet sedang dijalankan.

Perbanyak Buah
Sebagai serat agar pencernaan lancar dan tidak tertimbun menjadi lemak, makanlah banyak buah lebih dari biasanya. Buah juga bisa memberikan asupan vitamin yang tidak terdapat pada makanan khas lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya